Biar Tahan Lama, Begini Cara Merawat Jaket Kulit Sapi

Pepatah Jawa mengatakan, ‘ajining diri gumantung saka ing lathi, ajining raga gumantung saka busana’ (harga diri seseorang tergantung pada lisannya, berharganya raga seseorang bergantung pada busana atau pakaian). Dalam bahasa Indonesia pun orang mengenal ungkapan jika apa yang dikenakan mencerminkan pemakainya. 

Ungkapan ini memang tak salah, mengingat penampilan adalah hal yang dilihat pertama saat bersua dengan orang lain, meski penilaian tidak cukup dengan melihat apa yang dikenakan atau bahasa kerennya don’t judge by the cover. Mengingat hal itu, menjaga busana kesayangan menjadi hal yang sangat penting, agar sewaktu-waktu dikenakan tetap dalam kondisi kece.

Nah, bagi Anda para penggemar fashion berbahan kulit sapi, pastinya harus pandai-pandai menjaganya ya, karena materialnya yang terbuat dari bahan alami. Agar tak salah langkah dan biar tahan lama, berikut adalah beberapa cara merawat jaket dari kulit sapi.

Kulit sapi merupakan salah satu bahan fashion yang banyak digemari baik pria maupun wanita. Produk fashion berbahan kulit sapi umumnya berupa jaket, tas, dompet atau juga sepatu. Namun, dari berbagai jenis produk itu, jaket merupakan yang paling banyak diminati dan dimiliki kebanyakan orang.

Hal ini mengingat fungsinya yang tak saja menunjang penampilan supaya keren, melainkan juga berfungsi menghangatkan dan melindungi dibandingkan jaket berbahan lainnya.

Harga mahal tak menjadi soal, asal bisa tampil modis. Sayangnya tak semua orang memahami, jika jaket kulit sapi semakin mahal harganya, maka semakin ekstra pula untuk merawatnya. Padahal, kalau mau jeli, perawatan jaket kulit sapi tak harus melulu mengeluarkan banyak uang.

Hal yang diperlukan untuk merawat jaket kulit sapi adalah ketelatenan saja. Langkah mudah, tetapi kadang membuat banyak pengguna jaket kulit sapi abai adalah mengikuti petunjuk pemakaian. Produk-produk premium, termasuk jaket kulit sapi asli, umumnya akan dilengkapi dengan petunjuk pemakaian, termasuk pencucian dari produsennya. Ikuti saja petunjuk tersebut agar jaket kesayangan juga awet.

Soal pencucian, pastikan untuk mencuci jaket kulit sapi dengan tangan saja dan bukan mesin cuci. Dengan mencuci menggunakan tangan, Anda bisa lebih berhati-hati dalam menguceknya, terlebih mengingat bahan jaket merupakan kulit hewan, yang sebenarnya sensitif.

Tidak hanya metode pencucian yang perlu diperhatikan, agar jaket kulit sapi kesayangan Anda tetap awet, pastikan mencuci dengan bahan sabun yang lembut. Menggunakan sabun bayi akan lebih baik untuk menghilangkan nodanya daripada menggunkan deterjen berbahan kimia keras. Penggunaan pemutih pakaian sangat tak disarankan.

Saat mengeringkan jaket kulit sapi jangan pernah dijemur di bawah terik matahari secara langsung, karena cara itu justru akan memincu kerusakan. Cukup gantung jaket dan angin-anginkan saja. Jika ingin meniriskan air di jaket yang basah, bisa menggunakan hair dryer agar cepat kering. Namun, pastikan untuk menggunakannya dengan mode panas rendah agar tidak terjadi kerusakan pada permukaan kulit.

Tak kalah penting dari mencuci, merawat jaket kulit sapi juga bisa dilakukan dengan mengolesnya dengan berbagai bahan yang mudah dijumpai di sekitar kita, agar tetap mengkilat. Beberapa bahan tersebut diantaranya, minyak zaitun atau lotion atau juga baby oil. Oles saja tipis bahan tersebut kemudian lap dengan kain kering agar permukaan jaket tetap lembab.

Untuk menghilangkan jamur, gunakan saja spirtus. Caranya, basahi kain lembut dengan spirtus dan usap pada bagian berjamur hingga jamurnya terangkat. Usai jamur hilang, usap kembali permukaan yang sama dengan kain yang kering. Perlu dicatat untuk sedikit saja menggunakan spirtus agar permukaan kulit jaket sapi tidak kering.

Demikian beberapa cara agar merawat jaket kulit biar tahan lama. Semoga bermanfaat.

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

5 Cara Ampuh Merayu Anak Mau Minum Susu, Agar Proses Tumbuh Kembang Berjalan Dengan Sempurna

Susu sapi kini menjadi ‘senjata’ banyak orang tua untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Tak mengherankan karena minuman yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati. Terlebih lagi, kini juga sudah banyak varian susu sapi yang disesuaikan dengan usia anak sehingga anak akan lebih presisi mendapatkan tambahan nutrisi yang dibutuhkan. Baca selengkapnya...

Jenis Sapi Kurban yang Banyak Digunakan di Indonesia

Menjelang hari raya Idul Adha, biasanya umat muslim akan berbondong-bondong mencari hewan kurban. Salah satunya adalah mencari sapi yang sehat dan baik untuk disembelih serta dibagikan kepada masyarakat. Baca selengkapnya...

Mengapa Mayoritas Sapi Bantuan Presiden Jokowi Adalah Jenis Limosin?

Warga Kecamatan Gantung sangat antusias menyaksikan sapi kurban bantuan Presiden Jokowi yang dilaksanakan di masjid Alhikmah, tepatnya di Desa Lenggang, Belitung Timur. Bahkan beberapa diantaranya rela memanjat bangunan hanya untuk melihat melihat proses penyembelihan sapi jenis persilangan limosin-Madura tersebut. Baca selengkapnya...

Tak Hanya Pawai Ta'ruf FPI, Polisi Juga Mengawal Razia Ternak Sapi !

Untuk mensosialisasikan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor: 56/2016 tentang hukum penggunaan atribut keagamaan non-muslim, sejumlah anggota Front Pembela Islam (FPI) Jawa Timur mendatangi sejumlah mal di Kota Surabaya, Minggu (18/12/2016). Meski kegiatan FPI bertajuk pawai ta'aruf ini adalah aksi damai, pihak Polrestabes Surabaya tetap melakukan pengawalan ketat. Baca selengkapnya...