Cara Tepat Mengolah Daging Sapi Agar Kolesterol Darah Tak Meningkat

Bagi anda yang memiliki permasalahan kadar kolesterol darah yang tinggi, mungkin banyak yang sudah membatasi konsumsi makanan tertentu, termasuk daging merah seperti daging sapi. Tips dan trik kali ini membahas tentang cara mengolah daging sapi, agar tidak  terlalu banyak mengandung kolesterol  sehingga tetap aman dikonsumsi.

Lemak jenuh yang terdapat dapat daging merah memang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan daging lainnya. Namun demikian tidak berarti bahwa anda tak boleh sama sekali mengkonsumsinya, karena daging merah mengandung banyak zat gizi dan nutrisi. Dibawah ini ada beberapa tips dan trik mengolah daging sapi untuk kadar kolesterol anda.

 

 

Memilih Daging Sapi

Tahapan mengolah daging sapi ini dimulai dari cara memilih daging sapi. Agar tidak meningkatkan kolesterol darah pada tubuh,  disarankan memilih daging sapi dengan kandungan lemak yang paling sedikit. Misalnya bagian potongan pinggang atau sirloin atau anda bisa juga memilih tenderloin (daging has dalam).

Bagian daging sapi inilah yang memiliki kandungan lemak paling sedikit dan kelebihannya  lagi adalah daging tersebut memiliki tekstur yang empuk dan lezat untuk dimakan. Apabila terlihat ada beberapa bagian lemak, hilangkan bagian bagian tersebut.

 

 

Cara Mengolah yang Tepat

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali cara untuk memasak daging sapi; baik itu dibakar, digoreng, direbus, sous vide, dan lain sebagainya., manakah cara yang paling direkomendasikan agar daging sapi tetap aman untuk anda yang memiliki kadar kolesterol darah cukup tinggi? Ternyata, menggoreng merupakan cara yang sangat tidak disarankan.

Sebagai gantinya, akan lebih baik apabila anda memasak daging sapi dengan cara dibakar seperti misalnya dengan mengolah daging sapi menjadi steak atau hamburger. Namun, apabila memang anda tetap ingin menggunakan cara digoreng, gunakan minyak dengan kandungan lemak tak jenuh seperti minyak kanola atau minyak zaitun.

 

 

Teknik Pembakaran yang Tepat

Jika anda memang ingin membakar daging sapi, gunakan semacam rak yang dapat membantu mengalirkan minyak dari dalam daging. Apabila khawatir daging menjadi kering atau keras dengan cara ini, anda bisa mengoleskan bumbu yang anda sukai atau mungkin jus buah di permukaan daging sapi tersebut. Trik tersebut selain bisa membantu melembutkan daging sapi juga menambah citarasa nikmat.

 

Apabila daging diolah dengan cara direbus, selain mematangkan daging anda juga akan mendapatkan kaldu. Kaldu tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan memasak. Namun harus dilakukan perlakuan khusus yaitu menyingkirkan lemaknya. Caranya, tunggu beberapa saat agar suhunya menurun, setelah dingin letakkan kaldu tersebut didalam kulkas. Simpan satu malam, kemudian buang lemak yang membeku diatasnya. Air yang ada dibawahnya itulah yang digunakan untuk memasak. 

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Mitos Kandang Sapi di Depan Rumah

Di desa Sambiroto, Pracimantoro, Wonogiri, ada sebuah mitos tentang letak atau posisi kandang sapi di halaman rumah. Jika kandang sapi dibangun di belakang rumah, maka sapi yang dipelihara akan tertimpa berbagai musibah, seperti sering sakit hingga mati. Baca selengkapnya...

Inilah Rahasia Kelezatan Rawon Daging Sapi Khas Surabaya

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur , tapi dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal. Beberapa pelengkap lain yang juga dapat dihidangkan bersama rawon adalah olahan jeroan dan di… Baca selengkapnya...

Tidak Hanya Sapi, Probiotik Heryaki Juga Bermanfaat Untuk Ayam Broiler .

Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam broiler adalah ransum. Ransum merupakan faktor penting dalam pertumbuhan, selain karena merupakan biaya produksi yang proporsinya paling tinggi, juga akan menentukan baik tidaknya pertumbuhan ayam broiler yang dipelihara. Baca selengkapnya...

Posisi Telentang Ternyata Berbahaya Untuk Sapi, Bisa Mendadak Mati!

Tidak hanya manusia, sapi yang termasuk dalam ruminansia juga mengalami satu gangguan pencernaan yaitu gejala masuk angin parah. Dalam istilah kedokteran, penyakit ini disebut bloat atau tympani. Jika pada manusia biasanya masuk angin perut kembung tidak dianggap sebagai suatu penyakit atau gangguan yang serius, lain halnya pada ternak sapi. Baca selengkapnya...