Cara Membuat Dendeng Sapi Ala Rumahan

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan.

Resep dendeng umumnyamenggunakan daging sapi. Namun dendeng sebenarnya dapat dibuat dari daging lainnya, seperti kambing atau babi. Bisa juga dendeng dibuat dari hasil buruan seperti venison, elk, caribou, dan rusa. Saat ini, terdapat juga dendeng yang dibuat dari dari kalkun, burung onta, salem, buaya, dan tuna.

Kunci sukses dari pembuatan dendeng adalah, daging harus dikeringkan dengan cepat, untuk memperlambat pertumbuhan bakteri saat itu juga. Caranya, daging dipotong tipis, atau ditekan sampai tipis.

Dendeng dari daging sapi merupakan salah satu menu hidangan enak. Rasanya begitu gurih dan istimewa. Saking lezatnya, dendeng sapi ini kerap menjadi menu andalan rumah makan, restoran, hingga hotel berbintang.

Tapi bagi yang nggak mau repot mesti beli di luar, kamu bisa membuat dendeng sapi ini sendiri. Dendeng sapi ala rumahan tetap nikmat, tak kalah dengan buatan restoran lho. Cara membuatnya hanya butuh kesabaran dan ketelitian lebih agar rasanya tetap renyah.

Caranya:

1. Iris daging tipis dan searah serat.

2. Rebus daging.

3. Kemdian beri bumbu hingga tercampur rata. Bumbunya yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, dan lain-lain.

4. Masak di wajan sampai empuk; Jika daging kurang empuk, kamu bisa menambahkan air dan tunggu sampai menyusut.

5. Pipihkan daging; Tiriskan daging dari wajan. Kemudian pukul daging sampai pipih. Jangan pukul terlalu keras, supaya daging tidak hancur.

6. Goreng sedikit demi sedikit; Goreng daging dendeng pakai minyak yang sudah panas. Supaya lebih matang, kering, dan crispy, goreng dendeng sedikit demi sedikit.

7. Goreng sampai kecokelatan; Goreng daging cukup sampai kecokelatan saja, tidak perlu hingga gosong. Namun pastikan daging sudah matang sempurna agar teksturnya menjadi crispy.

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

Seperti Apakah Bentuk Bangunan Kandang Untuk Mempercepat Proses Perkawinan Alami Pada Sapi Perah?

Kandang merupakan rumah bagi hewan ternak termasuk sapi, oleh karena itu bentuk bangunan kandang sapi harus dibuat senyaman mungkin untuk mendukung kebutuhannya. Kandang sapi yang baik juga harus mempermudah peternak untuk melaksanakan pekerjaannya mulai dari memberi pakan hingga membersihkan kotoran. Baca selengkapnya...

Manajemen Sapi Perah Bunting

Sekarang ini semakin banyak orang beternak sapi. Namun tidak semua peternak memahami manajemen yang baik untuk memelihara sapi. Sampai saat ini, produksi sapi perah Indonesia belum mencukupi kebutuhan susu nasional. Salah satu penyebabnya adalah manajemen pemeliharaan yang kurang profesional. Perawatan hewan sapi tidak cukup dengan memberi pakan yang baik serta kandang yang nyaman, melainkan juga memahami kondisi setiap hewan ternak di peternakan. Baca selengkapnya...

Kisah Kemunculan Daging Wagyu dari Indonesia

Penggemar kuliner daging dan steak pasti sudah tahu bahwa wagyu tidak selalu berasal dari Jepang. Selain Negeri Sakura, daging premium yang kaya akan lemak tak jenuh ini juga dibudidayakan di Amerika dan Australia. Bahkan, daging wagyu dari Indonesia pun mulai menarik perhatian belakangan ini. Baca selengkapnya...

Sapi Jenis Hereford Ternyata Juga Butuh Aplikasi Cari Temen Kencan

Mencari pasangan yang cocok dan sesuai memang tidak mudah. Walaupun punya pergaulan luas, belum tentu bisa mendapatkannya. Hal tersebut membuat orang melirik ke dunia maya. Di era digital seperti sekarang ini, menemukan jodoh bisa dilakukan melalui ponsel pintar plus akses internet. Salah satunya adalah dengan bantuan aplikasi seperti Tinder yang disebut sebagai aplikasi cari teman kencan yang paling terkenal dan paling banyak digunakan. Baca selengkapnya...