Ragam Jenis Susu Sapi Yang Beredar di Indonesia, Mana Yang Terbaik?

Apabila ditanya mengenai seberapa sering anda mengkonsumsi susu, pasti anda menjawab sering. Susu bisa dikatakan sebuah minuman yang bisa dikonsumsi untuk semua usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentunya masih membutuhkan susu guna memenuhi kebutuhan tubuh agar semua sistem tubuh bisa berjalan dengan normal.

Di samping rasanya yang lezat, susu yang diproduksi oleh hewan ternak ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau oleh banyak kalangan. Mengenai kandungan susu sapi ini tak perlu diragukan lagi. Jika anda belum mengetahui kandungan-kandungan apa saja yang terdapat didalam aneka jenis susu sapi ini maka simak ulasan berikut :

 

1. Susu Murni

Sebelum diolah, umumnya susu ini akan dihidangkan dalam keadaan segar inilah yang disebut dengan susu murni. Kandungan susu yang terdapat didalamnya berupa  31% vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap hari. Selain itu ada 149 kalori, yang terbagi menjadi 7,7 gram protein, 7,9 gram lemak, 11,7 gram karbohidrat dan juga bebas serat. Kemudian ada 8% dan sekitar 276 miligram keperluan vitamin A harian.

 

2. Susu Rendah Lemak

Susu jenis adalah adalah hasil pengolahan dari susu murni. Susu sapi rendah lemak dikonsumsi untuk mencegah meningkatnya kadar lemak yang masuk kedalam tubuh. Di setiap 250mL, terdapat kandungan susu berupa  8.1 gram protein, 11.7 gram karbohidrat serta serat yang tidak didapatkan dari susu murni. Susu sapi rendah lemak juga memberikan sekitar 350 miligram aneka vitamin, dimana  10% diantaranya berupa vitamin A dan 29%  vitamin D harian.

 

3. Susu Coklat

Tak hanya susu rendah lemak saja, susu sapi murni juga bisa diolah menjadi susu rasa coklat. Susu coklat ini merupakan salah satu varian yang sangat disukai oleh kebanyakan orang terutama pada anak-anak karena cita rasanya yang jauh lebih enak dibandingkan dengan susu sapi murni.

Adanya tambahan coklat didalam susu sapi ini meningkatkan kandungan susu berupa kalori hingga 258 kalori/250 ml. Di dalam susu coklat inipun tersimpan sebanyak 2.5 gram lemak, 26.1 karbohidrat, 8.1 gram protein, 24.9 gram gula dan juga 1.3 gram serat. Susu sapi rasa coklat juga mengandung 290 mili gram kalsium, 29% keperluan vitamin D dan 10% vitamin A harian untuk tubuh.

 

4. Susu Skim

Dan olahan susu sapi murni yang terakhir ialah susu skim. Kandungan susu skim ini lemaknya jauh lebih rendah. Kebutuhan akan susu skim dipicu oleh gaya hidup sehat, oleh sebab itu konsumennya adalah orang-orang yang sedang menjalankan program diet lemak.

Jika anda mengkonsumsi sebanyak 250 mL maka kandungan susu didalamnya berupa 83 kalori yang terbagi 0.2 gram lemak, 12.2 gram karbohidrat, dan 8.3 gram protein. Kemudian kalsium sebanyak 299 mili gram, 29% keperluan vitamin D harian serta 10% keperluan vitamin A harian.

Dari susu murni, susu skim, susu rendah lemak dan susu coklat semuanya memiliki kandungan susu yang sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Jadi, susu sapi itu termasuk kedalam minuman yang menyehatkan tubuh.

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Dendeng Batokok, This Food is Made From Beaten Meat

Having multi-cultural society, Indonesia is known for culinary richness. Every region in this country has its specific foods. One of areas in Indonesia that is known rich cuisine is West Sumatera, which is known for so many specific foods. The most popular ones include rendang and sate padang. Besides these two popular foods, there is also dendeng or beef jerky, which is also available in some variants. Dendeng or Indonesian beef jerky is a specific food from West Sumatera. Baca selengkapnya...

Hal yang Memengaruhi Perbedaan Harga Sapi di Pasaran

Harga sapi di setiap peternak pastinya berbeda-beda. Ada sapi yang ditawarkan dengan harga murah sampai harga mahal. Namun bukan berarti pembeli tidak bisa melakukan negosiasi ketika akan meminang sapi tersebut. Baca selengkapnya...

Cara Merawat Bayi Sapi (Pedet) Sebelum Dan Sesudah Kelahiran

Peternak harus memiliki kemampuan merawat bayi sapi (pedet) mulai dari kandungan hingga proses kelahiran. Karena, tingkat kematian anak sapi perah (pedet) cukup tinggi, bisa mencapai 10% dari jumlah kelahirannya dalam setahun. Jumlah ini bisa saja meningkat atau menurun. Semuanya tergantung dari kemampuan peternak sapi perah dalam memberikan perlakuan terbaik kepada pedet, mulai dari kandungan hingga kemudan lahir. Baca selengkapnya...

Cara Tepat Mengolah Daging Sapi Agar Kolesterol Darah Tak Meningkat

Bagi anda yang memiliki permasalahan kadar kolesterol darah yang tinggi, mungkin banyak yang sudah membatasi konsumsi makanan tertentu, termasuk daging merah seperti daging sapi. Tips dan trik kali ini membahas tentang cara mengolah daging sapi, agar tidak terlalu banyak mengandung kolesterol sehingga tetap aman dikonsumsi. Baca selengkapnya...