TRANSLATE

Hal yang Memengaruhi Perbedaan Harga Sapi di Pasaran

Harga sapi di setiap peternak pastinya berbeda-beda. Ada sapi yang ditawarkan dengan harga murah sampai harga mahal. Namun bukan berarti pembeli tidak bisa melakukan negosiasi ketika akan meminang sapi tersebut.

7 Hal yang Membuat Harga Sapi Berbeda

Sapi menjadi salah satu hewan yang dipelihara untuk diambil susu dan dagingnya. Untuk kulit, jeroan, tanduk serta kotoran pun juga dimanfaatkan oleh manusia. Jadi tidak ada bagian sapi yang tidak terpakai. Ketika kamu berniat untuk membeli sapi untuk dipelihara, pastikan untuk memilih sapi terbaik. Jadi untuk perawatannya pun akan jadi lebih mudah nantinya. Saat membeli sapi ini pun pastinya akan mendapatkan beberapa penawaran harga bukan? Mungkin saja kamu akan merasa kebingungan dengan harga yang ditawarkan.

Sebelumnya kamu harus tahu mengapa harga sapi ini bisa berbeda-beda. Simak penjelasannya dibawah ini;

 

1.Jenis Sapi

Untuk hal pertama yang memengaruhi harga sapi adalah dari segi jenis sapi. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis sapi yang dibudidayakan. Mulai dari jenis sapi ongole, sapi limosin, sapi Simental, sapi brahman dan lainnya. Antara harga sapi ongole dengan harga sapi limosin pastinya akan ada perbedaan. Untuk perbedaannya sendiri pun bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta. Jadi jangan heran jika nantinya kamu bisa ditawari harga sapi sampai puluhan juta.

 

2.Bobotnya

Kemudian dari segi bobot sapi sendiri pun akan memengaruhi harga hewan itu sendiri. Umumnya semakin berat bobot sapi maka harganya akan semakin mahal. Meskipun masih satu jenis sapi, namun terkadang harganya bisa berbeda-beda karena bobotnya yang berbeda tersebut. Sebagai contohnya adalah sapi ongole yang satu memiliki bobot 100 kg. Sedangkan satunya lagi memiliki berat 130 kg, pasti harganya akan berbeda.

 

3.Hari Besar

Selanjutnya dari hari besar di setiap tahunnya juga menjadi salah satu penentu perbedaan harga sapi. Misalnya menjelang Idul Adha, biasanya sapi bisa dihargai lebih mahal dari biasanya. Terlebih lagi sapi yang digunakan untuk kurban ini sudah berusia cukup disembelih, sehat dan tidak cacat. Jadi menjelang Idul Adha jangan heran jika harga sapi bisa melonjak drastis.

 

Tips Memilih Sapi untuk Qurban

Dalam pembelian sapi, bukan hanya harga saja yang harus dipertimbangkan dengan baik. Namun ada beberapa hal penting lain yang juga harus dipertimbangkan. Diantaranya sebagai berikut ini.

 

1.Kesehatan

Sangat penting bagi Anda untuk bisa membeli sapi yang sehat dan tidak cacat. Jadi pertama kali yang harus diperhatikan adalah kondisi fisik dari sapi itu sendiri. Pastikan tidak ada cacat pada mulut, telinga, moncong dan bagian-bagian lainnya. Untuk mengetahui kondisi kesehatan sapi itu sendiri bisa bertanya langsung pada peternak. Peternak ini nantinya akan menjelaskan bagaimana kondisi sapi tersebut.

 

2.Memastikan Umur Sapi

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah memastikan umur sapi sudah siap untuk dipotong. Perlu diketahui bahwa sapi untuk kurban memiliki umur minimal, yakni 2 tahun. Untuk mengetahui umur sapi ini bisa dengan menanyakan kepada peternak. Dengan begitu nantinya kamu bisa membuat pertimbangan yang lebih matang sebelum melakukan pembelian.

 

3.Pastikan Kandang Bersih

Selain itu dari segi kandang yang digunakan untuk merawat sapi pun juga harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Pastikan bahwa kandang yang dipakai untuk merawat hewan tersebut bersih dan terawat. Juga pastikan untuk membeli sapi dari peternakan terpercaya. Sebaiknya hindari membeli sapi kurban yang di ternak dekat tempat pembuangan sampah.

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Serba-serbi Bisnis Keripik Paru Sapi

“Jeroan” adalah istilah yang diberikan bagi olahan makanan dari organ dalam suatu hewan. Di Indonesia, jeroan cukup populer dan digunakan dalam berbagai bahan masak, mulai dari masakan santai seperti bubur, soto, campuran untuk nasi goreng, nasi uduk, hingga menjadi menu utama pendamping nasi.Jeroan dapat menjadi alternatif untuk lauk daging karena berbagai hewan lazim dikonsumsi jeroannya, kecuali ikan. Salah satu jeroan favorit masyarakat Indonesia adalah paru sapi. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Benarkah Susu Sapi Bisa Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Manusia?

Memang bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika susu sapi merupakan jenis asupan yang tidak hanya lezat, namun juga sehat dan bergizi. Selain bermanfaat bagi hewan yang memproduksinya, kandungan susu sapi ternyata juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Namun demikian, seberapa besar peran dari susu sapi ini dalam menjaga kesehatan serta mencukupi kebutuhan nutrisi kita? Bisakah susu sapi menggantikan peran makanan pokok sehari-hari guna melengkapi keperluan gizi harian? Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Sapi Belgian Blue Harganya Berapa?

Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya mengembangbiakkan sapi berjenis belgian blue. Sapi satu ini disebut-sebut termasuk jenis sapi unggul dengan harga jual yang tinggi. Sapi belgian blue merupakan sapi yang berasal dari Belgia Tengah, Belgia. Sapi Belgia adalah hasil proses panjang kawin silang dan “selective breeding” selama hampir 200 tahun dari pengembangan hasil “cross breeding” sapi Durham Shorthorn dari Inggris dan Friesian… Baca selengkapnya...
  • 42

    Ready Stok Sapi Perempuan

    Hasil kawin suntik Lemosin Induk muda 2x produksi Peranggang/doro Induk anak rambon cocok kawin suntik/ib Induk anak sapi bali Satuan bisa, borongan lebih ringan.