Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli.

Daging wagyu memang tidak harus selalu berasal dari Jepang. Saat ini, sudah banyak sapi-sapi wagyu yang dikembangbiakan di Amerika dan Australia. Belum lama ini, wagyu asal Indonesia juga sudah mulai dilirik karena rasanya tidak kalah dengan wagyu impor.

Seiring bertambahnya jenis dan variasi tingkatan daging wagyu, konsumen harus lebih bijak dalam memilih daging yang sesuai lidah dan kantong. Jangan sampai, lantaran tidak mengetahui ciri daging wagyu yang asli, Anda menjadi sasaran para pedagang nakal.

 

 

Kenali Tanda Wagyu yang Asli

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ciri daging wagyu yang asli dapat diketahui dari jaringan lemaknya. Wagyu asli memiliki pertalian genetika dengan sapi hitam Jepang yang memiliki kemampuan unik untuk menyimpan lemak intramuskular hingga 80%.

Jaringan lemak membuat tampilan wagyu mentah cukup mudah dikenali. Wagyu asli yang masih mentah umumnya berwarna merah muda pucat. Lemaknya juga tidak berkumpul di satu titik saja, melainkan tersebar ke seluruh otot dan pembuluh darah hingga membentuk pola marmer.

Tidak seperti daging wagyu tiruan, wagyu asli mentah hanya tersedia dalam potongan steak tanpa tulang.

 

 

Kualitas Berdasarkan Tingkatan

Pemahaman akan tingkatan kualitas atau grading sangat membantu untuk menghindari daging wagyu tiruan. Sistem grading di Jepang sendiri disusun berdasarkan presentase daging (A sampai C), kualitas daging (1 sampai 5) dan skor marbling (1-12). Wagyu A5 merupakan kualitas daging terbaik yang ada saat ini.

Tingkatan daging wagyu yang berkembang di negara lain biasanya tidak jauh berbeda, meskipun tidak setinggi yang ada di Jepang. Contohnya, daging wagyu asal Indonesia saat ini berada di tingkat entry level yang dapat dikelompokan ke dalam grade MBS3 atau posisi menengah bawah dalam indeks Marble Beef Scroce.

Apapun pilihan wagyu kesukaan Anda, pastikan membeli daging yang kualitas dan harganya selaras. Namun, jika Anda tidak keberatan dengan daging murah yang mirip wagyu, maka cobalah daging meltique. Daging wagyu tiruan ini dibuat dengan meniru tampilan marmer yang menjadi salah satu ciri daging wagyu yang asli.

Membangun Kandang Sapi Sederhana Untuk Peternak Pemula

Jika Anda ingin memulai bisnis peternakan sapi, hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang yang sesuai dengan jenis ternak dan anggarannya. Kandang untuk jenis sapi potong berbeda dengan kandang untuk sapi perah. Sedangkan anggaran biaya untuk pembuatan kandang sangat tergantung pada jenis materialnya. Baca selengkapnya...

Mengenal Sapi Simental yang Jadi Primadona di Indonesia

Sapi Simental – Di Indonesia terdapat banyak macam sapi yang dibudidayakan. Baik untuk sapi pedaging atau sapi perah. Salah satu jenis sapi yang cukup terkenal di kalangan peternak adalah sapi Simental. Baca selengkapnya...

Inilah Bumbu Sambal Super Untuk Sop Iga Sapi Bening

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga, atau short ribs, biasa diberi bumbu untuk dibuat menjadi sop iga sapi bening Baca selengkapnya...

Gejala Dan Penanganan Broyong (Prolapsus Uteri) Pada Sapi

Gangguan reproduksi yang umum terjadi pada sapi diantaranya prolapsus uteri (Broyong) yang sering terjadi pada umur kebuntingan tua. Apabila gangguan reproduksi ini tidak dapat tertangani maka dapat menyebabkan kerugian ekonomi pada usaha peternakan. Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.