Kisah Kemunculan Daging Wagyu dari Indonesia

Penggemar kuliner daging dan steak pasti sudah tahu bahwa wagyu tidak selalu berasal dari Jepang. Selain Negeri Sakura, daging premium yang kaya akan lemak tak jenuh ini juga dibudidayakan di Amerika dan Australia. Bahkan, daging wagyu dari Indonesia pun mulai menarik perhatian belakangan ini.

Masyarakat Indonesia nampaknya sudah melek akan cita rasa daging premium sekelas wagyu. Sayangnya, pasokan daging wagyu di dalam negeri masih mengandalkan impor dari Jepang, Amerika, dan Australia. Barulah pada tahun 2020 tercetus ide untuk memperluas budidaya sapi wagyu Indonesia.

 

 

Kelahiran Sapi Wagyu Lokal

Usaha budidaya sapi wagyu Indonesia sendiri sudah mulai dilakukan sekitar tahun 2015. Kala itu, tersiar kabar bahwa tengah dilakukan percobaan persilangan antara sapi wagyu dari Australia dengan sapi Brahman. Pengembangan sapi jenis baru ini terbilang sukses karena berhasil mereplikasi daging premium sejenis wagyu.

Demi meningkatkan pasokan daging wagyu lokal, Kementerian Pertanian meluncurkan program bernama 1000 Desa Sapi. Pemerintah menyebar sekelompok semen beku sapi wagyu ke beberapa peternakan sapi lokal agar pewarisan genetika sapi wagyu dapat dilakukan. Program ini terbukti mampu mendorong produksi daging wagyu dari Indonesia.

Salah satu pusat budidaya sapi wagyu Indonesia yang cukup besar terdapat di Lampung. Produksinya berupa daging wagyu lokal dari hasil pemotongan sapi wagyu F1 yang lahir dari kawin silang sapi Jepang dengan sapi Indonesia.

 

 

Tidak Kalah dari Wagyu Impor

Menurut para penikmatnya, daging wagyu dari Indonesia menawarkan cita rasa yang tidak kalah dari daging impor. Mereka mengaku bahwa tekstur empuk beserta rasa gutih alami yang menjadi ciri khas wagyu tetap terasa, meskipun dagingnya tidak meleleh di mulut.

Sayangnya, grade atau tingkatan kualitas daging wagyu lokal belum dapat menyaingi produksi Australia atau Amerika. Rata-rata daging wagyu dari Indonesia disajikan dalam potongan sirloin dengan indeks skor marbel di angka 3. Tak hanya itu, luasan potongan dagingnya juga kurang luas sehingga hanya beberapa bagian tubuh sapi saja yang dapat diklasifikasikan sebagai daging wagyu.

Secara garis besar, kehadiran daging wagyu dari Indonesia menandakan peningkatan status sosial di bidang kuliner. Dalam beberapa tahun kedepan, siapa tahu daging wagyu lokal dapat segera menggantikan daging premium impor.

Berapa Jumlah Pakan Yang Harus Diberikan Untuk Sapi Dengan Berat 200 Kg?

Seorang peternak sapi wajib mengetahui jenis pakan sapi potong ternak yang paling tepat, tidak hanya dari segi harga, tapi juga bisa menghitung nutrisi dengan mempertimbangkan kebutuhan dari ternak yang dipeliharanya. Empat kunci penting dalam menyusun ransum ternak, yaitu bahan bakunya mudah diperoleh, bahan pakan bervariasi, disukai oleh ternak, dan harganya juga terjangkau. Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...

Obat Murah Meriah Untuk Sapi Mencret

Cara mengatasi sapi yang terkena penyakit, yang harus dilakukan pertama kali adalah menghilangkan penyebab penyakit dan mengatasi efek yang ditimbulkan. Contohnya adalah Diare, penyakit yang membuat sapi menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair (mencret). Diare pada sapi umumnya disebabkan oleh beberapa faktor fisiologis berupa perubahan lingkungan ternak, yang meliputi: perubahan pakan, perpindahan ternak, perubahan cuaca, dan pergantian pemeliharaan. Baca selengkapnya...

Perbandingan Harga Sapi Limosin dan Simental, Mana Yang Lebih Mahal?

Di Indonesia ada 2 jenis sapi yang sangat populer karena performa dan bobotnya yaitu sapi Simental dan sapi Limosin. Tampilan kedua jenis sapi ini memang terlihat lebih gempal dan bongsor jika dibandingkan dengan sapi lokal, sehingga ‘menggoda’ mata para pedagang daging dan pemburu hewan kurban. Baca selengkapnya...

Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

Untuk membuka usaha peternakan sapi perah, sebaiknya menggunakan Sapi Friesian Holstein. Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini. Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.