Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu.

Agar dapat dikategorikan sebagai sapi wagyu, seekor sapi harus memenuhi banyak kriteria. Pengujian genetik merupakan salah satu syarat utamanya. Hanya keturunan dari sapi potong khas Jepang yang diizinkan berada dalam barisan produksi daging wagyu terbaik.

 

 

Japanese Black

Nenek moyang Japanese black atau sapi hitam Jepang sebenarnya adalah sapi pembajak sawah yang dibawa dari daratan China. Sejak era Kekaisaran Meiji, sapi yang memiliki nama asli Kuroge Washu ini diperbaiki sifat genetiknya lewat persilangan dengan sapi impor. Hasil dari pemuliaan sapi yang berlangsung selama puluhan tahun adalah jenis sapi hitam yang dikenal saat ini.

Pada 1944, Japanese black ditetapkan sebagai sapi potong khas Jepang. Lebih dari 90% populasi sapi wagyu yang tersebar di Negeri Matari Terbit berasal dari jenis sapi ini.

 

 

Japanese Polled

Sapi potong khas Jepang yang satu ini lahir dari hasil persilangan Japanese Black dengan sapi Aberdeen Angus dari Skotlandia. Jumlah sapi tak bertanduk ini diperkirakan hanya tinggal beberapa ratus ekor saja. Hal ini menjadikannya sapi wagyu dengan populasi paling rendah dibandingkan Jenis sapi penghasil daging wagyu lainnya.

 

 

Japanese Shorthorn

Nihon Tankaku Washu atau sapi jepang tanduk pendek lahir dari hasil persilangan Sapi Nanbu yang berasal dari wilayah timur laut Jepang. Karakter dagingnya memiliki cita rasa umami karena mengandung asam inosinat dan asam glutamat. Sayangnya, Japanese shorthorn bukanlah sapi penghasil daging wagyu terbaik. Rasio lemak putih atau corak marmernya berada di bawah rata-rata jika dibandingkan sapi wagyu lainnya.

 

 

Japanese Brown

Sapi potong khas Jepang yang satu ini memiliki nama asli Akage Washu atau sapi berbulu merah/coklat. Karakter dagingnya mirip dengan sapi tanduk pendek dengan kandungan rendah lemak dan rasa umami.

Jika Anda mencari daging wagyu terbaik yang memiliki grade tinggi, maka daging sapi Japanese brown akan terasa kurang cocok. Meski kurang populer, jenis sapi penghasil daging wagyu yang satu ini tetap diperhitungkan karena bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Obat Murah Meriah Untuk Sapi Mencret

Cara mengatasi sapi yang terkena penyakit, yang harus dilakukan pertama kali adalah menghilangkan penyebab penyakit dan mengatasi efek yang ditimbulkan. Contohnya adalah Diare, penyakit yang membuat sapi menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair (mencret). Diare pada sapi umumnya disebabkan oleh beberapa faktor fisiologis berupa perubahan lingkungan ternak, yang meliputi: perubahan pakan, perpindahan ternak, perubahan cuaca, dan pergantian pemeliharaan. Baca selengkapnya...

Perbandingan Harga Sapi Limosin dan Simental, Mana Yang Lebih Mahal?

Di Indonesia ada 2 jenis sapi yang sangat populer karena performa dan bobotnya yaitu sapi Simental dan sapi Limosin. Tampilan kedua jenis sapi ini memang terlihat lebih gempal dan bongsor jika dibandingkan dengan sapi lokal, sehingga ‘menggoda’ mata para pedagang daging dan pemburu hewan kurban. Baca selengkapnya...

Mengenal Sapi Simental yang Jadi Primadona di Indonesia

Sapi Simental – Di Indonesia terdapat banyak macam sapi yang dibudidayakan. Baik untuk sapi pedaging atau sapi perah. Salah satu jenis sapi yang cukup terkenal di kalangan peternak adalah sapi Simental. Baca selengkapnya...

Berapa Jumlah Pakan Yang Harus Diberikan Untuk Sapi Dengan Berat 200 Kg?

Seorang peternak sapi wajib mengetahui jenis pakan sapi potong ternak yang paling tepat, tidak hanya dari segi harga, tapi juga bisa menghitung nutrisi dengan mempertimbangkan kebutuhan dari ternak yang dipeliharanya. Empat kunci penting dalam menyusun ransum ternak, yaitu bahan bakunya mudah diperoleh, bahan pakan bervariasi, disukai oleh ternak, dan harganya juga terjangkau. Baca selengkapnya...

Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

Untuk membuka usaha peternakan sapi perah, sebaiknya menggunakan Sapi Friesian Holstein. Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini. Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.