Olimpiade Wagyu Penghasil Daging Sapi Termahal di Dunia

Sudah bukan rahasia lagi kalau wagyu memiliki harga yang sangat mahal. Harga jual daging premium asal Negeri Sakura ini bahkan bisa meroket tajam jika menjadi pemenang sebuah kontes sapi. Olimpiade wagyu di Jepang yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali tidak jarang menghasilkan daging wagyu termahal sepanjang masa.

Memiliki nama resmi Zenkyo Beef Competition, olimpiade wagyu di Jepang mengusung konsep mirip Kontes Sapi Tulungagung. Bedanya, kompetisi sapi tingkat tinggi di Negeri Matahari Terbit itu tidak sekedar mencari sapi Jepang yang tampilannya cantik. Kualitas daging dan komposisi lemak putih sebagai ciri khas wagyu juga menjadi bahan penilaian.

 

 

Penghasil Daging Wagyu Termahal

Olimpiade wagyu di Jepang pertama kali diselenggarakan pada 1966 untuk mendorong pertumbuhan industri peternakan lewat ajang kompetisi sapi tingkat tinggi. Di saat bersamaan, pariwisata lokal juga ikut terdorong seiring meningkatnya pamor daging wagyu di negeri asal para Samurai itu.

Sesuai konsepnya sebagai kompetisi sapi tingkat tinggi, tidak sembarang sapi bisa ikut serta. Sapi Jepang yang berkompetisi harus berasal dari ras sapi murni yang sudah diawasi kualitas dan garis keturunan genetiknya selama bertahun-tahun.

Usai kompetisi, sapi pemenang akan disembelih kemudian dilelang dalam sebuah pameran dagang. Karkasnya lantas dijual kepada penawar tertinggi. Kabarnya harga per potongnya bisa mencapai 72.000 Yen atau lebih dari Rp 7,5 juta. Jika Anda melihat daging wagyu di menu sebuah restoran dan terkejut dengan harganya, barangkali inilah alasannya.

 

 

Menunjung Konsep Ikigai

Uniknya, hadiah utama olimpiade daging wagyu tidak berbentuk uang. Pemenang yang biasanya terdiri kelompok peternak hanya akan mendapatkan penghargaan berupa pengakuan. Tentu bukan sembarang pengakuan, karena hal tersebut terbukti bisa membuat sebuah peternakan menjadi penghasil daging wagyu termahal di seantero negeri.

Mahalnya harga daging wagyu tentu tidak dapat dipisahkan dari kualitas yang berasal dari proses panjang pembiakan sapi Jepang. Dalam melakukan pekerjaannya, para peternak selalu menerapkan konsep ikigai yang berarti menjunjung tinggi sebuah nilai hidup.

Para peternak percaya daging wagyu terlezat hanya dihasilkan oleh sapi yang mendapat kasih sayang sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, olimpiade wagyu di Jepang umumnya menjadi kesempatan untuk membagikan karya hidup mereka.

Berapa Jumlah Pakan Yang Harus Diberikan Untuk Sapi Dengan Berat 200 Kg?

Seorang peternak sapi wajib mengetahui jenis pakan sapi potong ternak yang paling tepat, tidak hanya dari segi harga, tapi juga bisa menghitung nutrisi dengan mempertimbangkan kebutuhan dari ternak yang dipeliharanya. Empat kunci penting dalam menyusun ransum ternak, yaitu bahan bakunya mudah diperoleh, bahan pakan bervariasi, disukai oleh ternak, dan harganya juga terjangkau. Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...

Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

Untuk membuka usaha peternakan sapi perah, sebaiknya menggunakan Sapi Friesian Holstein. Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini. Baca selengkapnya...

Memilih Model Kandang Sapi Perah Yang Cocok Dengan Cuaca Di Indonesia

Akhir-akhir ini, cuaca di Indonesia semakin gerah. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi tersebut secara meteorologis disebabkan suhu udara yang meningkat disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Berdasarkan pencatatan meteorologis yang dilakukan BMKG, suhu tertinggi terjadi di Sentani, Papua. Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.