TRANSLATE

Peduli Lingkungan, Volvo Tak Lagi Pakai Kulit Sapi dalam Produksi Mobilnya

Salah satu faktor yang digunakan untuk mengukur kemewahan dari interior mobil adalah penggunaan pelapis joknya. Jika jok dilapisi dengan material kulit sapi asli, maka harga jualnya akan jauh lebih tinggi ketimbang mobil lain yang dilapisi dengan bahan kain biasa. Namun ternyata, ada fakta yang cukup memprihatinkan terkait dengan jok kulit sapi  ini. Dilansir dari Autoevolution, Senin, 21 November 2016, bisnis jok kulit asli melibatkan tidak kurang dari 45 juta kulit sapi setiap tahunnya.

Salah satu perusahaan penyedia kulit sapi terbesar adalah JBS. Perusahaan yang berasal dari Brasil ini setiap tahun menyediakan 10 juta kulit sapi untuk diolah menjadi pelapis jok. Sayangnya, menurut organisasi penyayang binatang People for Ethical Treatment of Animals atau PETA, prosedur pembiakan sapi yang dilakukan JBS jauh dari rasa kemanusiaan.

Berdasarkan hasil penelusuran PETA di salah satu peternakan milik JBS, sapi-sapi yang ada diperlakukan secara kejam, mulai dari dipukul, diseret hingga disetrum. Parahnya lagi, hal itu dilakukan sejak sapi masih kecil hingga umur tiga tahun. Beberapa sapi bahkan berusaha lompat dari pagar, demi berusaha menyelamatkan diri dari siksaan para koboi yang menggembala mereka.

Setelah usianya dianggap cukup, sapi-sapi itu kemudian dibawa ke tempat jagal. Daging diambil untuk diolah jadi produk konsumsi, sementara kulitnya diproses menjadi pelapis jok dan setir. Menurut data PETA, ada beberapa perusahaan otomotif besar yang menjadi pelanggan JBS, mulai dari pabrikan mobil asal Amerika Serikat hingga Eropa.

Tak sekedar isu perlakuan yang kejam, ada hal lain yang membuat peran sapi coba dikurangi, yaitu  sapi  juga menyebabkan gas efek rumah kaca. Berdasarkan jurnal berjudul, Beef Consumption Reduction and Climate Change Mitigation, yang ditulis Elham Darbandi dan Sayed Saghaian dari University of Kentucky, Amerika Serikat, para peneliti percaya, emisi gas rumah kaca dari sektor peternakan sapi ikut menyumbang 65 persen.

Prihatin dengan kondisi tersebut diatas, Volvo dikabarkan tidak akan lagi menggunakan kulit sapi dalam proses produksi mobilnya. Langkah tersebut sudah terlihat dari mobil listrik Volvo C40, yang mulai mengganti kulit sapi dengan bahan yang dinamakan Nordico yang dirancang dan dibuat oleh Volvo yang nantinya akan menjadi sebuah standar baru untuk desain interior mobil kelas premium.

Nordico adalah tekstil yang dihasilkan dari daur ulang botol PET, gabus dan bahan bio yang bersumber dari hutan di Swedia dan Finlandia. Selain Nordico, Volvo juga menawarkan opsi interior campuran wol yang disertifikasi. Di luar opsi itu, perusahaan juga masih terus meneliti lebih banyak bahan pengganti kulit hewan, yang dapat digunakan sebagai penutup jok dan interior.

Sumber:

  • viva.co.id
  • gooto.com
  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Mari Menjaga Kebugaran Jasmani Dengan Mengkonsumsi Susu Sapi

Pastinya anda semua sudah tahu bukan jika didalam susu sapi ada banyak sekali manfaat dan khasiat yang tentunya sangat bermanfaat sekali dalam menjaga kesehatan serta kebugaran jasmani. Salah satu manfaat dari susu sapi ini ialah bisa mencegah terjadinya osteoporosis, melindungi kesehatan gigi, meningkatakan kinerja pada otak besar dan bisa menjadikan pembuluh darah lebih sehat. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Perjalanan Sapi Ongole, Sumba Ongole (SO), Hingga Peranakan Ongole (PO)

Sapi ongole adalah jenis sapi yang berasal dari Distrik Prakasam di negara bagian Andhra Pradesh di India. Trah ini diberi nama berdasarkan tempat asalnya, yaitu Kota Ongole. Sapi ongole, yang tergolong dalam subspesies Bos indicus, banyak diminati karena tahan terhadap penyakit mulut dan kuku serta penyakit sapi gila. Sapi Ongole termasuk tipe sapi pekerja dan pedaging. Baca selengkapnya...
  • 55

    Jual Sapi 22 Ekor

    Bagi yang siap borong semua juga boleh. Lokasi Ds sawangan doro Kab. Pekalongan.