Mengkonsumsi Susu Sapi Terbukti Bisa Meredakan Stress Kerja. Buktikan Sendiri!

Semua orang tentunya tahu bukan mengenai susu sapi? Susu sapi merupakan suatu cairan yang bergizi dan berwarna putih. Bahasan kali ini ialah mengenai susu sapi yang ternyata bisa mengatasi stress kerja. Stress kerja adalah sesuatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis yang mempengaruhi emosi, proses berpikir, dan kondisi seorang karyawan (Rivai, 2004:108).

Orang-orang yang mengalami stress kerja menjadi nervous dan merasakan kekuatiran kronis sehingga mereka sering menjadi marah-marah, agresif, tidak dapat relaks, atau memperlihatkan sikap yang tidak kooperatif (Hasibuan, 2012:204).

Telah sejak lama dikenal sebagai minuman yang bermanfaat, susu sapi murni ternyata bermanfaat bagi para pekerja yang punya kecenderungan stress tinggi. Segelas susu hangat di malam hari, diyakini mampu merilekskan tekanan pada otot-otot dan saraf yang tegang. Saat Anda merasa letih, berendam dalam air hangat sambil minum susu ternyata mampu membantu meredakan capek.

Susu sapi dihasilkan oleh sapi perah yang memang merupakan jenis ternak penghasil susu. Perlu diketahui sapi perah ini begitu efisien dalam merubah makanan ternak seperti konsentrat menjadi susu sapi yang sangat baik unuk pertumbuhan dan kesehatan, termasuk meredakan stress kerja.

 

Pentingnya Mengkonsumsi Susu Sapi

Susu sapi berkualitas, mengandung nutrisi dengan keseimbangan sempurna. Itu sebabnya, susu sapi ini juga dijuluki dengan sebutan darah putih untuk tubuh sebab didalam susu sapi terdapat sejumlah vitamin dan berbagai macam asam amino yang baik sekali bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

Adapun kandungan gizi yang terdapat didalam susu sapi ini ialah vitamin B2 dan A. Tak hanya itu saja, susu sapi murni juga memiliki kandungan kolin yang berlimpah. Kolin merupakan nutrisi penting yang berguna untuk membantu gerakan otot, tidur, membantu belajar dan meningkatkan memori atau daya ingat.

Kemudian, kolin ini juga membantu melindungi struktur membran sel, membantu melakukan penyerapan lemak, membantu transmisi impuls saraf dan bisa menurunkan tingkat peradangan kronis. Kandungan-kandungan gizi dari susu sapi lainnya ialah potasium yang bisa menurunkan risiko penyakit stroke, tekanan darah tinggi, penyakit pada organ jantung, dan bisa menjadi sebuah pelindung terhadap hilangnya massa pada otot.

Dan yang paling utama susu sapi ini memiliki peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh serta penyerapan kalsium. Karena banyaknya kandungan di dalam susu sapi ini, maka dari itulah susu sapi perah begitu penting unuk dikonsumsi guna menjaga kesehetan tubuh.

 

 

Manfaat Umum Mengkonsumsi Susu Sapi

Anda wajib mengkonsumsi susu sapi minimal satu gelas disetiap harinya, dan manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi susu sapi ialah sebagai berikut :

 

1. Susu sapi baik bagi tulang

Yang pertama, susu sapi ini sangat baik bagi kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan susu sapi merupakan sumber kalisum yang merupakan mineral penting bagi kesehatan gigi dan tulang. Tak hanya itu saja susu sapi juga diperkaya dengan adanya kandungan vitamin D yang memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Kandungan vitamin D dan kalsium ini bisa membantu dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

 

2. Susu sapi bisa menyehatkan organ jantung

Seperti yang sudah kita ketahui susu sapi merupakan sumber potasium, yang bisa meningkatkan pelebaran pada pembuluh darah atau vasodilatasi dan bisa pula menurunkan tekanan darah. Manfaat dari susu sapi ini sendiri bisa meningkatkan asupan kalium serta bisa mengurangi natrium yang setelah itu dapat menurunkan risiko datangnya penyakit kardiovaskular.

 

3. Susu sapi dapat mengatasi stress kerja atau depresi

Vitamin D yang tercukupi dalam tubuh bisa mendukung produksi seretonin. Seretonin ialah hormon yang berhubungan dengan nafsu makan, suasana hati dan juga tidur. Dibalik itu jika kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan kelelahan yang kronis, depresi atau stress kerja dan juga PMS.

Oleh karena itu sangat disarankan,  jika anda sedang depresi, konsumsilah susu sapi sebab susu sapi bisa menenangkan pikiran anda.

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Budidaya Sapi Ayrshire Sebagai Penghasil Susu Sekaligus Daging Sapi

Revolusi Industri 4.0 adalah suatu inovasi dari industri yang menerapkan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi waktu, tenaga kerja, dan biaya. Para ahli meyakini saat ini kita telah memasuki era dari Revolusi Industri 4.0, dikarenakan banyaknya inovasi baru termasuk di bidang peternakan sapi. Baca selengkapnya...
mobil dan kotoran sapi

Menang Kontes Modifikasi Mobil Berkat Kotoran Sapi

Semua yang tercipta di bumi memang terdapat manfaatnya masing-masing, bahkan hal yang terkadang kita remehkan sekalipun bisa berfungsi dengan baik apabila kita kreatif dalam memaksimalkan fungsinya pada tempat yang benar, termasuk dengan kotoran sapi ini. Contohnya adalah modifikasi mobil dengan kotoran sapi. Apa? Bagaimana hal itu bisa dilakukan? Baca selengkapnya...

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun memang memiliki sifat yang mudah sekali basi. Oleh sebab itu, harus benar-benar di tangani dengan baik jika ingin deisimpan. Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan susu sapi murni yang baik dan benar: Baca selengkapnya...

Layak Diapresiasi, Begini Cara Bank BRI Membantu Peternak Sapi saat Pandemi

Istilah 'bank' berasal dari bahasa Italy, yakni 'banco' artinya bangku. Pada zaman dahulu, para pengelolanya memang menggunakan bangku saat melayani masyarakat untuk mengelola uangnya. Setelah itu berkembang hingga menjadi bank seperti sekarang ini. Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, definisi bank adalah badan usaha yang mewadahi kegiatan masyarakat untuk melakukan investasi, distribusi, konsumsi, atau jasa yang menggunakan uang sebagai medianya untuk… Baca selengkapnya...