TRANSLATE

Inilah Rahasia Kelezatan Rawon Daging Sapi Khas Surabaya

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur , tapi dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal), dan sambal. Beberapa pelengkap lain yang juga dapat dihidangkan bersama rawon adalah olahan jeroan dan di daerah Pasuruan rawon juga lazim dikonsumsi dengan mendol (perkedel tempe) dan disajikan di atas daun pisang.

Saat ini, mudah sekali membuat rawon, karena bumbu instan rawon sangat mudah didapatkan  dan banyak dijual di pasar tradisional maupun pasar modern dengan harga yang sangat terjangkau. Namun bumbu instan rawon juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Kekurangannya adalah perlu menambahkan sedikit penyedap rasa seperti garam, gula, dan lada agar rasa yang didapat lebih seimbang. Sedangkan kelebihan memasak rawon dengan bumbu instan adalah lebih menghemat waktu di dapur. Namun, memasak rawon dengan bumbu segar yang diracik sendiri lebih menghasilkan rasa yang aromatik dan kental.

Kunci kelezatan rawon ada pada olahan kuahnya yang berasal dari kaldu daging yang digunakan, baik dari lemak daging, tulang muda, maupun kulit. Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbunya berupa campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.

Lantas daging sapi bagian mana yang pas untuk dihidangkan sebagai rawon? Berikut ini empat jenis bagian daging sapi yang cocok untuk rawon:

 

1.Sirloin

Menurut Executive Chef JW Marriott Surabaya Andri Aryono, sirloin (daging sapi has luar) cocok untuk rawon, karena relatif empuk dan masih mengandung sedikit lemak. Selain itu teksturnya tidak mudah hancur, dibandingkan dengan tenderloin. 

 

2. Brisket

Namun bagian daging sapi yang umum dugunakan adalah brisket atau sandung lamur. Menurut Andri, brisket ini lebih cepat empuk dan matang jika dipotong dengan benar yaitu melebar berlawanan arah.

 

3. Iga

Bagian iga sapi bisa juga digunakan untuk membuat rawon, namun membutuhkan durasi masak yang lebih lama agar bisa empuk. Untuk mempercepat prosesnya potonglah  iga dengan ukuran lebih kecil, maka pengolahan rawon bisa lebih cepat, sekitar 1-2 jam.

 

4. Sengkel

Rekomendasi bagian sapi untuk rawon selanjutnya adalah sengkel, yaitu daging yang berasal dari bagian  depan kaki sapi. Sedikit lemak, tapi teksturnya keras oleh sebab itu dibutuhkan waktu hingga 2 jam agar bisa empuk.

Cara Penanganan Sapi Bunting dan Pedet

Usaha pembibitan sapi potong yang dipelihara secara tradaisional, produktivitas masih rendah,…

Hindari Memberi Pakan Secara Berlebihan Pada Sapi Bunting

Budidaya sapi bibit memang mengandalkan pedet sebagai hasil usaha, selain penambahan bobot pada…

Memiliki Banyak Keunggulan, Sapi Pesisir Layak Dikembangkan

Bangsa sapi lokal terbukti memiliki beberapa keunggulan antara lain: mudah beradaptasi dengan…

Sapi Jabres, Sangat Menguntungkan Untuk Dibudidayakan

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat sapi lokal yang disebut Jabres. Jabres adalah singkatan…

Gejala Dan Penanganan Broyong (Prolapsus Uteri) Pada Sapi

Gangguan reproduksi yang umum terjadi pada sapi diantaranya prolapsus uteri (Broyong) yang sering…

Teknik Merobohkan Sapi Untuk Disembelih

Satu rahasia merobohkan sapi dengan cara mudah adalah menggunakan metode tali temali. Selain tidak…

Sapi Krui, Mahar Perkawinan Favorit Masyarakat Lampung

Sapi Krui (jawi peghia) adalah sebutan bagi jenis sapi lokal yang berkembang di kawasan Kabupaten…

Susah Melahirkan Akibat Broyong, Seekor Sapi Harus Jalani Operasi Caesar

Broyong atau dalam bahasa ilmiahnya Prolapsus uteri, adalah sebuah kondisi dimana rahim (uterus)…

Nomor Hotline Penanganan Pelaporan Dan Koordinasi PMK Nasional

Whatsapp Gugus Tugas Pusat, Posko nasional tanggap darurat pengendalian dan penanggulangan Penyakit…

Sapi Pasundan, Hewan Ternak Unggul Asli Jawa Barat

Sapi pasundan adalah ternak asli Jawa barat, ada beberapa daerah lebih dikenal dengan sebutan sapi…