Ternyata ini Alasan Daging Wagyu Sangat Mahal

Penggemar kuliner steak pasti sudah tidak asing lagi dengan daging wagyu. Tidak seperti daging sapi biasa, wagyu terkenal karena cita rasa dan harganya yang menguras kantong. Tapi, sebenarnya apa sih alasan yang membuat daging wagyu sangat mahal?

Mutu atau grade sangat mempengaruhi harga daging wagyu di pasaran. Satu kilogram wagyu biasanya dibanderol mulai dari Rp 400 rb hingga jutaan. Sebagai contoh, Wagyu A5 yang merujuk pada mutu potongan daging terbaik dapat mencapai harga Rp 6 juta per kg. Tidak heran, jika di negeri asalnya, Jepang, daging wagyu tergolong makanan mewah.

 

 

Proses Produksi yang Serius

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga daging wagyu di sebuah restoran. Di samping proses produksinya yang terbilang serius, wagyu termahal lahir berkat keunikan geografi dan filosofi mayarakat Jepang dalam memperlakukan hewan ternak.

Berbeda dari memelihara sapi biasa, beternak sapi wagyu membutuhkan ketelitian tinggi. Teknik pakan yang unik dan penuh pertimbangan berperan meningkatkan jaringan lemak putih atau tekstur marmer khas daging wagyu. Pola serta kerapatan tekstur menjadi salah satu faktor kenapa daging wagyu sangat mahal.

Tak hanya itu, lokasi peternakan juga harus steril dan bebas stres. Umumnya, sebuah peternakan wagyu hanya menampung tidak lebih dari 100 ekor sapi wagyu. Pasokan yang terbatas lantas membuat harga daging wagyu asal Jepang jauh lebih mahal dari negara lain.

 

 

Keamanan Tingkat Tinggi

Bagi peternak sapi Jepang, daging wagyu lebih dari sekedar komoditas. Wagyu termahal hanya dapat tercipta setelah melewati waktu bertahun-tahun. Proses semacam ini disertai jaminan keamanan tingkat tinggi yang membuat daging wagyu sulit untuk dipalsukan.

Daging wagyu sangat mahal karena setiap sapi wagyu memiliki catatan garis keturunan genetik yang terisolasi di satu wilayah saja. Artinya, seluruh sapi penghasil wagyu merupakan ras murni yang tidak ada di daerah lain. Demi menjaga keasliannya, sapi yang baru lahir mendapatkan cetakan hidung serta 10 digit kode unik yang dapat dilacak oleh semua orang.

Secara garis besar, harga daging wagyu sangat mahal berkat nilai-nilai eksklusif yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, tidak heran jika seekor sapi wagyu sering menjadi objek lelang dan menghasilkan daging wagyu termahal di dunia.

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...

Penyakit Demam Tiga Hari Pada Sapi, Meski Ringan Namun Merugikan

Nyamuk ternyata tidak hanya mengisap darah manusia, tetapi juga hewan ternak seperti sapi. Tak sekedar mengisap darah, nyamuk tersebut juga menularkan Penyakit Demam Tiga Hari pada sapi, atau dalam Bahasa ilmiahnya disebut sebagai Bovine Ephemeral Fever (BEF), dan dalam Bahasa Inggris sebagai Three Days Sickness. Banyak juga peternak yang menggunakan istilah gomen untuk menyebut penyakit ini. Meski tidak terlalu berat, penyakit ini dapat membuat kerugian cukup besar pada peternak sapi, karena… Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...

Sapi Dapat Hidup Hingga Usia Berapa Tahun?

Sapi perah adalah jenis sapi yang dikembangbiakkan secara khusus karena kemampuannya dalam menghasilkan susu dalam jumlah besar. Pada umumnya, sapi perah termasuk dalam spesies Bos taurus. Pada awalnya, manusia tidak membedakan sapi penghasil susu dengan sapi potong. Apapun jenisnya, seekor sapi dapat digunakan untuk menghasilkan susu (sapi betina) maupun daging (umumnya sapi jantan). Baca selengkapnya...

Sapi Belgian Blue Harganya Berapa?

Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya mengembangbiakkan sapi berjenis belgian blue. Sapi satu ini disebut-sebut termasuk jenis sapi unggul dengan harga jual yang tinggi. Sapi belgian blue merupakan sapi yang berasal dari Belgia Tengah, Belgia. Sapi Belgia adalah hasil proses panjang kawin silang dan “selective breeding” selama hampir 200 tahun dari pengembangan hasil “cross breeding” sapi Durham Shorthorn dari Inggris dan Friesian… Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.