Teknik Memasak Daging Wagyu Jepang Ternyata Tidak Bisa Sembarangan

Daging wagyu jepang merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan daging wagyu jepang? Sesuai namanya, daging wagyu adalah daging yang berasal dari sapi ras jepang.

Sapi ini memiliki perlakuan khusus seperti tak terlalu banyak bergerak, memakan pakan alami yang berkualitas, hingga dipijat agar dagingnya lembut. Yang membuat daging wagyu ini terkenal adalah pola marmer pada dagingya dan kualitas daging yang memang enak dan lembut.

Jika berbicara mengenai cara pengolahan, tentu saja ada beragam tips dan trik mengolah daging wagyu jepang yang bisa diterapkan. Namun, anda harus tahu bahwa daging premium ini ternyata tak begitu saja dapat diolah secara sembarangan. Mengapa? Hal ini karena jika anda salah mengolah, maka anda tak akan mendapatkan tekstu dan rasa yang enak, melainkan daging sapi yang justru alot dan berasa seperti daging sapi biasa.

 

 

Bagaimana teknik pengolahan daging wagyu jepang yang disarankan?

Ada salah satu teknik memasak daging wagyu yang banyak direkomendasikan oleh chef atau oleh mereka yang memiliki usaha kuliner di bidang daging sapi yakni dengan menggunakan teknik sous vide. Teknik ini merupakan cara memasak dengan mengutamakan teknik dalam suhu rendah dan presisi dalam waktu yang panjang. Jadi, bahan makanan akan dimasukkan ke dalam kantong kedap udara dan diletakkan di dalam air panas dengan suhus ekitar 60 derajat celcius.

Mengolah daging sapi wagyu dengan metode atau teknik sous vide ini menggunakan sebuah alat yang dapat memasak secara konstan selama sekitar 3 – 4 jam. Cara inilah yang membuat daging wagyu akan matang dengan merata dan daging ini pun akan menjadi empuk. Teknik ini juga akan membuat anda terhindar dari rasa was was bahwa daging tak akan matang atau bahkan hangus karena terlalu lama dimasak.

Namun cara ini mungkin agak sulit diterapkan untuk rumahan karena di Indonesia sendiri masih jarang sekali orang yang memasak daging wagyu jepang dengan teknik sous vide ini. Apabila ada, biasanya hanya restoran terkenal atau hotel mewah lah yang menggunakannya.

 

 

 

Cara Mengolah Daging Sapi Wagyu Jepang dengan Teknik ‘Sous Vide’

Apabila anda tertarik untuk mencoba tips dan trik mengolah daging sapi wagyu dengan menggunakan teknik sous vide, maka ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Pertama tama, anda harus terlebih dahulu memotong daging wagyu sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Kemudian, masukkan potongan potongan daging ini ke dalam sebuah kantong plastik khusus yang memiliki seal atau semacam bagian untuk mengunci agar air tak masuk ke dalam di bagian atas plastik.

Setelah itu, anda bisa memasukkan daging wagyu jepang yang ada di dalam kantong plastik kedap udara ini ke dalam sebuah alat sous vide yang sebelumnya sudah anda setel dahulu suhu dan waktu pemasakannya. Jadi, jika peralatan untuk sous vide sudah komplit, tak membutuhkan lagi kompor, grill, dan lain sebagainya. Alat ini mungkin sudah ada atau tersedia di Indonesia, namun hanya ada di beberapa kota besar. Namun, jika anda tak menemukannya anda bisa membelinya atau memesannya dari luar negeri.

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Apa Saja Bumbu Empal Gentong Dan Sebaiknya Menggunakan Jenis Daging Sapi Bagian Mana?

Jalan-jalan ke Cirebon, Jawa Barat, belum komplit jika tidak mencicipi kuliner kebanggaan kota ini, yaitu empal gentong. Daging sapi yang dimasak dalam gentong dengan bumbu menggunakan kayu bakar ini memang menggoda selera. Empal gentong sejatinya bukan masakan asli Cirebon. Menurut penuturan pemandu wisata Ajat Sudrajat kepada Okezone, empal gentong aslinya adalah masakan Timur Tengah yang ada di Cirebon sejak berabad-abad lalu. Baca selengkapnya...

Osteoporosis Sekunder Dapat Dicegah Dengan Menkonsumsi Susu Sapi?

Osteoporosis sekunder adalah jenis pengeroposan tulang akibat kondisi medis dan penggunaan obat-obatan. Contoh kondisi medis kelainan endokrin, gangguan fungsi hati, ginjal, defisiensi vitamin D, gangguan hematologi, kelainan saluran cerna dan berbagai macam obat-obatan. Osteoporosis sekunder juga terjadi pada penderita gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal, contohnya adalah tiroid dan adrenal. Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...

Rawatlah Pedet Sapi Perah Dengan Memberikan Vitamin B Kompleks Yang Bagus Untuk Pertumbuhannya

Sama seperti manusia, sapi mulai dari pedet hingga dewasa juga memerlukan vitamin untuk proses metabolisme tubuhnya. Ada berbagai jenis vitamin, salah satunya adalah Vitamin B Kompleks. Vitamin ini merupakan grup vitamin yang larut dalam air, terdiri dari vitamin: B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin atau niacin amide), B5 (pantothenic acid), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamins). Baca selengkapnya...