Trobos Livestock: "Complete Feed Dengan Nama Heryaki Powder Ini Mempunyai Aroma Buah, Sehingga Meningkatkan Nafsu Makan Ternak"

Pertambahan bobot badan atau Average Dailly Gain (ADG) domba lokal masih sangat rendah, hanya mampu kurang 50 gram per hari. Melihat problematika tersebut membuat Hery Supratman, Dosen Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, Bandung membuat inovasi teknologi melalui complete feed (pakan komplet).

“Permasalahan ADG yang masih rendah di domba lokal menjadi inspirasi saya untuk membuat inovasi teknologi complete feed (pakan komplet) yang difermentasi probiotik, sehingga ADG lebih tinggi. Kelebihan lain, pakan komplet ini dapat disimpan sepanjang tahun, praktis dalam pemberiannya dan ramah lingkungan,” tutur Hery kepada TROBOS Livestock.

Ia menjelaskan, fungsi probiotik ini sebagai pengawet pada hijauan yang biasa disebut silase, sedangkan probiotik pada konsentrat menambahkan aroma wangi buah sehingga meningkatkan nafsu makan ternak domba. Selain itu, menambah jumlah mikroba pencernaan pakan, mengurangi bau kandang dan dapat meningkatkan pertambahan berat badan domba jantan lokal hingga kisaran 100 – 150 gram perhari.

“Probiotik ini diproduksi sendiri, bentuknya cair dan menggunakan Bakteri Asam Laktat yaitu Lactobacillus case, dan Acetobacter. Dalam proses fermentasi kita siapkan biji-bijian sebagai sumber makanan mikroba yang dapat diberikan dihari kelima dalam kondisi anaerob (kedap udara), sehingga bakteri dapat dirombak dan menghasilkan aroma wangi buah. Justru disitu rahasia aroma probiotik ini dengan probiotik lain,” ungkap Hery.

 

Diaplikasikan ke Peternak

Pakan komplet ini diutarakan Hery diberi nama Heryaki Powder dan sudah diaplikasikan kepada peternak sejak 2014 sampai sekarang. Agar lebih banyak peternak merasakan manfaat pakan komplet ini, Hery memberikan pelatihan cara pembuatan pakan complete feed untuk domba kambing ini. “Baik yang diminta langsung peternak rakyat atau oleh Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat maupun pemerintah Kabupten seperti Subang, Garut, Bogor, Tasikmalaya, Ciamis dan Legok Tangerang,” terangnya.

Salah satu peternak yang sudah mengaplikasikan pakan komplet buatan Hery yaitu Jeppy Ibrahim peternak domba asal Jatinangor, Sumedang. Ia menuturkan, sudah lama membuat complete feed ini, karena banyak keuntungan yang diapat. Diantaranya hemat tenaga kerja dan waktu untuk menyabit rumput, sehingga dapat menambah populasi pemeliharan ternak domba. Ia mengaku, menggunakan complete feed sejak awal penelitiannya di teaching farm kandang domba kambing milik Fapet UNPAD pada 2015.

“Complete feed ini sangat membantu dalam proses pemeliharan karena lebih efisien, sehingga peternak tidak usah khawatir untuk menambahkan populasi ternak dombanya. Lalu, untuk penambahan ADG ternak dapat mencapai 130 gram rata-rata per hari. Jauh, dari sebelumnya tanpa mengaplikasikan compete feed yang hanya mampu 50-80 gram rata – rata per hari ADG-nya,” jelas Jeppy.

 

Cara Pembuatan

Proses pembuatan complete feed , dipaparkan Hery cukup mudah, pertama harus menyiapkan hijauan segar, konsentrat atau limbah jagung. Setelah itu, ditambahkan probiotik Heryaki Powder dan vitamin mineral. “Hijauan diawetkan terlebih dahulu dengan probiotik Heryaki Powder dalam kondisi anaerob. Kemudian hari ketujuh bisa digunakan untuk pembuatan complete feed, dimana perbandingan bahan campuran utama dari hijauan awetan atau silase 15 %, konsentrat 85 % dan probiotik Heryaki Powder 0,5 % dari 5 kilogram pakan,” terangnya.

Lanjutnya, pakan hijauan dan konsentrat difermentasi terpisah sehingga dapat meningkatkan daya awet hijauan yang dapat disimpan dalam jangka lama sekitar empat bulan. Begitu juga dengan konsentrat yang dapat meningkatkan nafsu makan ternak dan dapat disimpan untuk persediaan selama dua bulan. Complete feed dapat diberikan pada pukul 08.00 dan 17.00 wib.

Selengkapnya baca di majalah TROBOS Livestock Edisi 220/Januari 2018


 

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Sebelum Dianggap Mirip Mata Uang China, Rupiah Pernah Membuat Heboh Singapura Dengan Gambar Uang Motif Karapan

Bertempat di gedung bank Indonesia Jl Thamrin Jakarta Pusat, pada hari Senin (19/1/2016) pukul 09.00 yang lalu, Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang NKRI dengan desain gambar uang yang baru. Rancangan yang menampilkan gambar uang rupiah 12 pahlawan nasional ini sangat menarik perhatian netizen, bahkan sempat menjadi trending topic di linimasa jejaring sosial Twitter dengan tagar #UangBaruSemangatBaru. Baca selengkapnya...

Peternak di Gresik Beri Ramuan Khusus Agar Sapi Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku

Selain rutin membersihkan kotoran di kandang, baik kotoran padat maupun cair, peternak tersebut juga memberikan pengasapan kecil atau bediang di sekitar area kandang sapi. Dan untuk mencegah lalat menempel pada kaki sapi, disemprotkan sedikit cairan solar.Untuk mencegah sapi terserang penyakit juga diberikan ramuan yang dicampurkan pada pakan, Racikannya diperoleh turun temurun menggunakan bahan2 yang mudah didapat sesuai kebutuhan, antara lain Kunir dan bawang putih. Baca selengkapnya...
sapi madura

Apakah Pulau Ini Masih Menjadi Pusat Produksi Sapi Madura?

Apa yang terpikirkan dalam benak Anda saat mendengar nama pulau Madura? Ya, sebagian besar dari Anda pasti terpikirkan tentang Sapi Madura yang dipacu disatu arena yang dikenal dengan istilah ‘Karapan Sapi’. Tak dipungkiri, pulau yang ada diujung timur Jawa itu memang kondang berkat atraksi budaya balap sapi tersebut. Berkat Karapan Sapi itu pula, masyarakat Madura dikenal di seantero Indonesia, selain juga kebiasaanya berdagang sate ayam. Berhembus pula kabar jika lantaran masyaratnya yang… Baca selengkapnya...