TRANSLATE

Jasa Pembuatan Alat Pengering UV Dryer

Pengeringan adalah suatu cara untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian besar air dari bahan dengan menggunakan energi panas. Pengeluaran air dari bahan dilakukan sampai kadar air keseimbangan dengan lingkungan tertentu dimana jamur, enzim, mikroorganisme, dan serangga yang dapat merusak menjadi tidak aktif.  Tujuan pengeringan adalah untuk mengurangi kandungan air bahan sampai batas tertentu sehingga aman disimpan sampai pemanfaatan yang lebih lanjut. Dengan pengeringan, bahan menjadi lebih tahan lama disimpan, volume bahan lebih kecil, mempermudah dan menghemat ruang pengagukutan, mempermudah transportasi, dan biaya produksi menjadi murah.

Produk pertanian seperti beras, kopi, coklat, cengkeh, pada umumnya membutuhkan berbagai tahapan sebelum dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah proses pengurangan kadar air atau pengeringan. Kondisi cuaca yang tidak menentu terutama di musim peralihan dan musim hujan dapat menyebabkan proses pengeringan  terhambat.

Karena sebagian besar petani masih menggunakan proses pengeringan yang  konvensional dengan menggunakan sinar matahari secara langsung (penjemuran), yang harus memperhatikan itensitas sinar, suhu pengeringan yang selalu berubah, ketebalan penjemuran dan frekuensi pembalikan. Apabila hujan turun hasil panen yang dijemur akan dipindahkan dan dimasukkan ke dalam karung untuk dapat dijemur kembali saat cuara cerah, sangat merepotkan. 

Padahal, petani dapat menggunakan alat pengering buatan (artificial dryer) yang disebut UV Dryer. Dengan alat ini, ini proses pengeringan dapat terus berlangsung mekipun sedang turun hujan. UV Dryer ini menggunakan metode green house atau rumah kaca karena dilengkapi dengan plastik UV yang berfungsi sebagai penghantar panas, temperatur di dalam ruangan dapat terjaga dengan baik.

Prinsip pemanasan UV Dryer ini memanfaatkan radiasi yang terperangkap masuk ke dalam bangunan pengering, untuk meningkatkan temperatur untuk menguapkan air yang terkandung pada produk pertanian yang dikeringkan di dalamnya. Perbedaan suhu diluar dan di dalam bangunan UV Dryer cukup signifikan, berkisar antara 5 sampai 10 derajat Celcius.

Sebagai contoh produk pertanian yang membutuhkan UV Dryer adalah padi. Ada banyak tahapan yang harus dilalui dari padi sampai menjadi beras, mulai dari pemungutan (pemanenan) malai padi, perontokan, pengangkutan, pengeringan, penyimpanan dan penggilingan sampai beras siap dipasarkan atau dikonsumsi.

PGabah yang terlambat dikeringkan akan berakibat buruk terhadap kualitas berasnya seperti busuk, berjamur, berkecambah maupun mengalami reaksi pencoklatan enzimatis sehingga beras berwarna kuning/kuning kecoklatan.

Pengeringan gabah dengan menggunakan UV Dryer memberikan hasil yang cukup baik dengan tingkat keretakan gabah berkisar 1,25 - 1,50% pada varietas ciherang dan berkisar 2,75 -  4,75% pada varietas pandan wangi.

Keuntungan lain dari penggunaan UV Dryer ini adalah tidak menggunakan bahan bakar dan listrik. Zat aditif yang terkandung didalam plastik uv memberikan banyak keuntungan lain seperti anti bakterial untuk melindungi hasil panen dari penyebaran bakteri, serangga, dan jamur. Bentuk bangunan yang didesain anti tikus dengan barrier tembok dan wiremesh menambah perlindungan UV Dryer.

Untuk petani, kelompok tani, ataupun Badan Usaha Milik Desa  yang membutuhkan UV Dryer, kami dari menawarkan jasa pembuatan UV Dryer berlisensi, sebagai solusi bagi petani dan industri dalam proses pengeringan hasil panen. Tersedia  dalam berbagai ukuran. 

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami, Agung Sumedi 081389864400

 

Media

Cara Penanganan Sapi Bunting dan Pedet

Usaha pembibitan sapi potong yang dipelihara secara tradaisional, produktivitas masih rendah,…

Hindari Memberi Pakan Secara Berlebihan Pada Sapi Bunting

Budidaya sapi bibit memang mengandalkan pedet sebagai hasil usaha, selain penambahan bobot pada…

Memiliki Banyak Keunggulan, Sapi Pesisir Layak Dikembangkan

Bangsa sapi lokal terbukti memiliki beberapa keunggulan antara lain: mudah beradaptasi dengan…

Sapi Jabres, Sangat Menguntungkan Untuk Dibudidayakan

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat sapi lokal yang disebut Jabres. Jabres adalah singkatan…

Gejala Dan Penanganan Broyong (Prolapsus Uteri) Pada Sapi

Gangguan reproduksi yang umum terjadi pada sapi diantaranya prolapsus uteri (Broyong) yang sering…

Teknik Merobohkan Sapi Untuk Disembelih

Satu rahasia merobohkan sapi dengan cara mudah adalah menggunakan metode tali temali. Selain tidak…

Sapi Krui, Mahar Perkawinan Favorit Masyarakat Lampung

Sapi Krui (jawi peghia) adalah sebutan bagi jenis sapi lokal yang berkembang di kawasan Kabupaten…

Susah Melahirkan Akibat Broyong, Seekor Sapi Harus Jalani Operasi Caesar

Broyong atau dalam bahasa ilmiahnya Prolapsus uteri, adalah sebuah kondisi dimana rahim (uterus)…

Nomor Hotline Penanganan Pelaporan Dan Koordinasi PMK Nasional

Whatsapp Gugus Tugas Pusat, Posko nasional tanggap darurat pengendalian dan penanggulangan Penyakit…

Sapi Pasundan, Hewan Ternak Unggul Asli Jawa Barat

Sapi pasundan adalah ternak asli Jawa barat, ada beberapa daerah lebih dikenal dengan sebutan sapi…