RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Serba Serbi Atap Kandang Sapi Dan Cara Kerja Panel Surya Sederhana Yang Dipasang Diatasnya

Salah satu bagian terpenting saat membangun kandang sapi adalah atapnya. Bagaimana cara membangun atap kandang agar sapi betah di kandang dan tetap sehat sebelum saatnya dipotong? Dan bagaimana cara memanfaatkan atap kandang sapi agar lebih berguna? Pertama-tama fokus pada pemilihan bahan-bahan yang kuat dan tahan dari sengatan panas matahari dan tidak menimbulkan panas didalam kandang! Yang kedua anda harus tau cara kerja panel surya sederhana sebagai salah satu cara pemanfaatan atap.

Sebelum dipotong, sapi menghabiskan nyaris seluruh waktunya di dalam kandang tersebut (kecuali jika Anda atau peternak yang bekerja pada Anda rajin menggembalakan mereka agar punya kesempatan untuk lebih banyak bergerak). Bisa dibayangkan yang terjadi bila kandangnya luar biasa panas, sapi tidak akan merasa nyaman bukan?

Ketidaknyamanan akan menimbulkan stres, yang pada akhirnya menimbulkan kerugian karena daging yang dihasilkan kualitasnya akan menurun. Ada satu bahan atap yang sebaiknya tidak digunakan yaitu seng. Bahan tersebut gampang menyerap panas dari permukaan dan menyebarkan panas tersebut didalam kandang. Disarankan untuk memilih genting dari tanah, selain harganya murah dan mudah didapatkan, juga tidak menyerap panas. 

Lalu, bagaimana dengan ketinggian atap kandang? Minimal jarak dari permukaan tanah hingga atap minimal 3 meter, dengan kemiringan  30°. Tujuannya agar sirkulasi udara di dalam kandang bisa berlangsung dengan baik, dan air hujan cepat turun hingga tidak menimbulkan kelembaban.

Hal penting lainnya yang harus diperiksa adalah cipratan air hujan. Buatlah atap dengan ukuran melebih panjang dan lebar kandang, tujuannya adalah untuk melindungi sapi dari cipratan air hujan tersebut.  Walaupun secara berkala sapi harus dimandikan, namun air hujan yang sering menciprati tubuh sapi pada saat hujan terutama pada malam hari dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Atap pada kandang sapi sebetulnya adalah bagian dari kandang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Contohnya adalah untuk menghasilkan listrik. Kandang dan arus listrik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari usaha ternak sapi.

Listrik sangat dibutuhkan untuk operasional harian. Seperti untuk penerangan, menggerakkan pompa untuk air minum sapi dan sumber tenaga untuk alat-alat produksi pakan dan lain sebagainya. Semakin hari harga listrik PLN semakin mahal, oleh sebab itu cobalah memanfaatkan sumber energi lain seperti cahaya matahari sebagai cara untuk berhemat.

Caranya adalah dengan memasang panel surya. Apakah anda tau cara kerja panel surya sederhana untuk menghemat listrik PLN? Penggunaan panel surya memang belum begitu populer di Indonesia, pemanfaatannya baru sekitar 0,05% dari potensi yang ada. Padahal sinar matahari di Indonesia sangat melimpah. Penyebabnya adalah minimnya informasi soal pengertian, cara kerja panel surya sederhana, manfaat, hingga harga dari panel surya.

Yang disebut dengan Panel surya adalah suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic.

Energi listrik yang dihasilkan digunakan untuk kebutuhan listrik dengan cara disimpan terlebih dahulu dengan menggunakan baterai. Oleh sebab itu sama seperti listrik PLN, tetap dapat berjalan meski keadaan sore, malam hari maupun hujan sekalipun karena adanya baterai tersebut.

Penerapan panel surya dapat mengurangi tagihan penggunaan listrik PLN hingga 50%. Oleh sebab itu dalam waktu 7 hingga 8 tahun pertama penghematan tersebut sudah bisa menutup biaya pemasangan panel surya. Dan 18 tahun kemudian, anda tidak lagi membayar listrik dari PLN alias gratis.

Setelah anda tau tentang serba serbi atap kandang sapi dan cara kerja panel surya sederhana. Apa yang akan anda lakukan?

 

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Layak Diapresiasi, Begini Cara Bank BRI Membantu Peternak Sapi saat Pandemi

Istilah 'bank' berasal dari bahasa Italy, yakni 'banco' artinya bangku. Pada zaman dahulu, para pengelolanya memang menggunakan bangku saat melayani masyarakat untuk mengelola uangnya. Setelah itu berkembang hingga menjadi bank seperti sekarang ini. Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, definisi bank adalah badan usaha yang mewadahi kegiatan masyarakat untuk melakukan investasi, distribusi, konsumsi, atau jasa yang menggunakan uang sebagai medianya untuk… Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...

Cara Membersihkan Kaki Sapi Sebelum Dimasak

Sepiring nasi hangat dan semangkuk kuah sop gurih plus irisan kaki sapi yang empuk, adalah santapan nikmat yang ada di Kedai Sop kaki sapi Pak Karto, Jalan Biak Roxy Jakarta. Sebetulnya, daerah ini terkenal sebagai surga kuliner sop kaki kambing, tapi ada satu yang menjual kuliner yang berbeda yaitu sop kaki sapi yang legendaris. Baca selengkapnya...

Usaha Peternakan Sapi Seperti Apakah Yang Harus Diurus Izinnya?

"Warga Mengeluh, Peternakan Sapi Tanpa Izin Dibiarkan Tetap Beroperasi", demikian judul sebuah berita yang dilansir oleh dejurnal.com, pada tanggal 07 Mei 2021. Peternakan tersebut terletak di Kampung Ciherang Rt 02 Rw 01 Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Menurut informasi yang diperoleh, peternakan tersebut memang tidak memiliki izin, dan keberadaannya tidak mendapatkan restu masyarakat sekitar. Baca selengkapnya...