RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Konstruksi Baja Untuk Kandang Sapi: Kenali Jenis Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Konstruksi baja merupakan rangkaian produk yang biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Seperti kerangka dan pondasi bangunan, pipa air, perkakas rumah tangga, hingga kandang sapi. Bahan baja menjadi pilihan karena karakternya yang kokoh dan kuat.

Dalam perkembangannya, bahan baja terus mengalami berbagai penyempurnaan. Terutama dalam hal bobotnya yang kini jauh lebih ringan. Alasan inilah yang pada akhirnya membuat produk olahan konstruksi dari bahan baja menjadi pilihan, di samping ketersediaan bahan kayu yang semakin susah didapatkan.

Kini, ragam olahan konstruksi Baja tersedia dalam beragam jenis dan pilihan, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Wide Flange; Jenis material konstruksi baja yang biasa digunakan sebagai tiang pancang, Top dan Bottom Chord, Balok, Kantilever untuk Kanopi dan sebagainya. Jenis ini juga biasa dikenal dengan nama Baja WF atau H-Beam (karena bentuknya seperti huruf “H”).
  • Baja UNP; Umum dikenal sebagai  Baja Kanal U (seperti huruf U). Berbeda dengan Baja WH, jenis ini biasanya relatif lebih mudah ditekuk dan dibentuk. Jenis ini juga biasa dikenal dengan nama Profil U, Kanal U dan sebagainya.
  • Baja CNP; Atau disebut juga sebagai Lipped Channel.  Merupakan jenis material konstruksi baja yang biasa digunakan untuk dudukan penutup atap atau Purlin. Jenis ini juga sering digunakan untuk member Truss dan bagian arsitektural. Juga dikenal dengan nama Profil C atau Baja Purlin, sebagaimana fungsinya.
  • Plat Baja; Biasanya digunakan secara langsung atau sebagai bahan baku untuk diolah menjadi produk lain, seperti pembuatan tangki air, plat lambung untuk kapal dan sebagainya. Baja jenis ini tersedia dalam bentuk lembaran atau roll, dengan standar kualitas dan dimensi tertentu.
  • Baja Siku; Biasa dikenal dengan besi siku, umumnya memiliki ukuran beragam mulai dari 50mm hingga 250mm. Produk ini biasa digunakan untuk rak lemari, rak buku dan sebagainya. Terdiri dari dua macam, dengan lubang atau hanya berbentuk siku biasa. Diproduksi berdasarkan beragam standard, baik regional (nasional) hingga internasional.
  • Pipa Baja; Atau Steel Pipe, seperti namanya produk ini biasa digunakan untuk saluran perpipaan. Selain itu juga biasa digunakan sebagai bracing, rangka atap, bagian arsitektural dan sebagainya. Juga sering digunakan untuk lampu penerangan dan tiang pancang baliho.
  • Baja T-Beam; Namanya berdasarkan bentuknya yang menyerupai Huruf “T”. Jenis ini juga biasa dikenal dengan nama Balok Kantilever untuk Kanopi. Ideal untuk bagian konstruksi penampang. 

 

Kembali ke pembahasan kandang sapi, sebagai hal utama yang perlu Anda ketahui sebelum memulai usaha ternak sapi. Kandang sapi adalah aset yang tinggi nilainya. Dengan pemilihan material yang tepat, dapat menjamin keselamatan dan kenyamanan kepada ternak sapi yang dipelihara didalamnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan mengenali  jenis dan konstruksi baja untuk kandang sapi, kemudian  mencari toko baja terdekat, untuk memangkas biaya angkut yang cukup mahal.

 

Konstruksi Kandang Sapi 

Konstruksi kandang sapi potong ini haruslah kuat, tidak lembab, serta memiliki tempat penampungan kotoran dan saluran drainase. Konstruksi kandang peternakan sapi juga harus mampu menahan dorongan serta beban benturan yang kuat dari ternak sapi Anda. Selain itu, faktor keamanan juga perlu diperhatikan agar usaha peternakan sapi Anda terlindungi dari pencurian.

Jenis dan bahan untuk pembuatan kandang sapi potong cukup banyak pilihannya, tergantung pada daerah dan lokasinya.

Di daerah tropis yang panas, lebih baik menggunakan model terbuka atau agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Sedangkan untuk kandang sapi di daerah yang lebih dingin, gunakan kandang model tertutup, agar ternak sapi yang ada di dalamnya tetap hangat.  

 

Jenis dan Material Kandang Sapi

Pilih bahan yang mudah didapatkan di sekitar lokasi. Pilih bahan yang kuat dan tahan lama dan sesuaikan  dengan dana dab ketersediaannya, misalnya kayu gelondongan atau papan yang diperoleh dari kayu yang kuat, bambu,atau besi baja.

Dari berbagi pertimbangan, secara teori, konstruksi baja adalah pilihan terbaik. Konstruksi kandang baja, berupa kombinasi baja struktural yang diatur dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan operasional peternakan sapi.

Namun harus diperhitungkan juga biaya membawa baja menuju lokasi kandang. Cari toko baja terdekat. 

 

Kelebihan Konstruksi Baja Untuk Kandang Sapi

  • Kuat dan tahan lama; Tidak seperti material kayu yang rawan serangan rayap yang mengakibatkan kerusakan parah dan harus sering diganti.
  • Pemasangan cepat; ukuran masing-masing komponen sangat akurat sehingga mempermudah dan mempercepat proses pemasangan.
  • Aman, nyaman dan sehat; karena dengan perhitungan yang tepat konstruksi bangunan baja tidak mudah rubuh, tidak mudah rusak, tidak menyebabkan pencemaran debu atau kebisingan dalam proses pemasangan.
  • Fleksibel; mudah dirubah sesuai kebutuhan.

 

Kekurangan Konstruksi Baja Untuk Kandang Sapi

  • Membutuhkan tenaga trampil pada saat proses pemasangan,  untuk menghindari tambal sulam, pengganjalan, ataupun pembobolan dan pemangkasan di bagian-bagian yang tidak presisi.
  • Biayanya relatif mahal dibandingkan jenis material lain.

  

Yang Perlu Diperhatikan tentang Konstruksi Bangunan Baja

Tiap produsen memproduksi material baja ringan ini dengan profil yang berbeda bentuk atau cetakannya. Pilih konstruksi baja ringan dengan garansi maksimal yang sesuai dengan harganya. Jaga lapisan coatingnya dengan cara menghindari kontak dengan adukan semen yang cenderung melekat kuat, atau goresan apapun, agar lebih tahan lama.

Perhitungkan juga biaya transportasinya, karena berat butuh truk besar untuk membawanya dengan ongkos lumayan mahal. Disarankan untuk membeli dari toko baja terdekat dari lokasi kandang

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Perlakuan Pada Sapi Perah Jantan Sebagai Penghasil Daging Yang Enak Untuk Barbeque

Sapi perah jantan yang kurang berkualitas sebagai pemacek umumnya dimanfaatkan sebagai sapi potong untuk menghasilkan daging yang enak untuk barbeque. Sapi perah jantan umumnya akan dikawinkan dengan sapi betina ketika menginjak usia 10-11 bulan, sebanyak 1-2 kali perkawinan. Jumlah perkawinan sapi akan meningkat seiring usia sapi jantan, dan biasanya para peternak mengawinkan sapi sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Baca selengkapnya...

Dr. Ir. Rochadi Tawaf, MS., Pakar Sosial Ekonomi Dari Universitas Padjadjaran Bandung Yang Sangat Peduli Dengan Nasib Peternak

Rochadi Tawaf memang terkenal sebagai aktifis di organisasi profesi, sejak ia masih menjadi mahasiswa jenjang S-1 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung. Bahkan dipercaya untuk menjabat Ketua Senat Mahasiswa. Suatu hari Rochadi diundang oleh suatu organisasi profesi untuk melakukan kegiatan di bidang peternakan. Sejak saat itulah ia mulai berpikir akan dunia dan masa depan bidang yang ia geluti. Baca selengkapnya...

Hati-hati Memberikan Pakan Pada Sapi Bali Siapa Tahu Ada Tanaman Hias Beracun Yang Terselip

Sapi Bali membutuhkan pakan hijauan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Yang disebut sebagai pakan hijauan adalah tanaman atau bagian tanaman yang disukai oleh ternak sebagai makanannya, Contohnya adalah jenis rerumputan, kacang-kacangan, dan dedaunan yang tidak termasuk keduanya, bahkan termasuk beberapa jenis tanaman hias seperti Indigofera dan krokot. Baca selengkapnya...

This Festival is A Form of Citizen’s Love for Dairy Cows

A cow is just an animal used for many purposes but for people who live at Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, East Java, cow has deep meaning and long history for them. In the mountain area located near Tulungagung, there is a place which is famous with the high quality milk in national scale. It is no wonder that cow is so special among them and there is a festival named Wuye which is created as the day celebration based on the Javanese calendar called “Weton” as the birth of the cow. Baca selengkapnya...