RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

BBS Farm, Tak Sekedar Beternak Sapi Tapi Juga Mengukir Prestasi

BBS Farm atau C.V. BEN BUANA SEJAHTERA adalah sebuah perusahaan penyalur sapi, yang cukup terkenal dikalangan pedagang daging di Jawa Barat. Karena dari beberapa kandang yang berlokasi di Jatinangor, Jawa Barat, perusahaan ini terbukti dapat menyediakan sapi dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Selain itu juga karena harga produknya dianggap sangat bersaing, sehingga sangat membantu para pedagang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Tidak mengherankan mengingat Cecep Beben Muqarom, pemilik perusahaan ini, memang telah lama berkecimpung di bidang agribisnis sapi potong. Mulai dari produksi pakan (feedmil), penggemukan sapi potong (feedlot), pemotongan, hingga pemasaran ternak.

Secara umum, aktivitas usaha yang dijalankan oleh BBS Farm (C.V. Ben Buana Sejahtera) fokus pada produksi ternak sapi potong yang ditunjang dengan produksi pakan (feedmill), termasuk pemasarannya.

Di kalangan pemerintahan, BBS Farm dianggap memiliki kontribusi pada sektor ekonomi yang cukup besar karena: 

  • Sapi-sapi yang ada di peternakan ini, bukan saja berasal sejumlah feedloter yang ada di Jawa Barat tapi meluas hingga daerah Lampung.
  • Memperluas lapangan kerja dan lapangan usaha.
  • Turut membantu stabilisasi harga daging sapi.
  • Memiliki keterkaitan usaha dengan unit-unit usaha tani lokal baik dalam penyediaan pakan hijauan maupun pemanfaatan hasil produksi dan limbah ternak.
  • Kotoran sapi yang dihasilkan digunakan untuk pupuk organik, untuk memperbaiki struktur dan kesuburan tanah yang ada disekitar peternakan. 
  • Bisnisnya merupakan industri yang berkaitan dengan sektor hilir yang relatif luas.

 

Agar bisa terus menjaga kelangsungan usahanya dan bermanfaat bagi masyarakat luas, BBS Farm beberapa menjalin kemitraan dengan Bank Sinar Mas. Dimana Cecep Beben Muqarom sebagai pemilik, bertanggung jawab sebagai pemberi referensi peternak binaannya yang layak mendapatkan KUR, juga sebagai penyedia bibit sapi, penyedia pakan, pendampingan kepada Peternak, menyiapkan pembeli hasil panen sapi Peternak dan sebagai Avalis bagi Peternak binaannya.

beben bbs farm cv ben buana sejahteraBerkat upaya dan kerja kerasnya, Cecep Beben Mukarom mendapatkan Penghargaan kategori "Kelompok Penggerak Usaha Mikro Kecil & Menengah dengan Pola Cluster". 

Penghargaan ini diberikan pada acara Pertemuan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 yang di hadiri oleh Presiden RI Jolo Widodo, di Grand Ballroom Hotel Rizt Carlton, Jakarta (16/01/20).

 

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Mbah Gareng, Sapi Monster Dari Purworejo

Mbah Gareng adalah nama seekor sapi yang dinobatkan sebagai sebagai sapi terberat di Indonesia, karena bobotnya mencapai 1.130 kilogram. Dengan kulitnya berwarna putih keabu-abuan, badannya memang tampak kekar berotot, bahkan tingginya mencapai dua meter dari kaki sampai ke punuk. Baca selengkapnya...
mobil dan kotoran sapi

Menang Kontes Modifikasi Mobil Berkat Kotoran Sapi

Semua yang tercipta di bumi memang terdapat manfaatnya masing-masing, bahkan hal yang terkadang kita remehkan sekalipun bisa berfungsi dengan baik apabila kita kreatif dalam memaksimalkan fungsinya pada tempat yang benar, termasuk dengan kotoran sapi ini. Contohnya adalah modifikasi mobil dengan kotoran sapi. Apa? Bagaimana hal itu bisa dilakukan? Baca selengkapnya...
harga sapi perah

Upaya Untuk Menyediakan Stok Dengan Kualitas dan Harga Sapi Perah Yang Berdaya Saing

Meski tak ditunjang dengan padang rumput luas layaknya di Australia dan Selandia Baru, tetapi Indonesia juga berpotensi menjadi negara ‘peternak’. Sejumlah daerah di Indonesia bahkan dikenal sebagai sentra peternakan sapi yang baik. Salah satunya adalah Jawa Timur. Beberapa kabupaten di ujung propinsi paling timur di Jawa itu malahan dikenal berkat peternakan sapinya. Baca selengkapnya...

Tata Cara Pembuatan Kandang Untuk Usaha Sapi Perah

Hasil produksi sapi perah berupa susu segar ataupun produk olahan. saat ini masih jauh dari jumlah permintaan masyarakat. Munculnya kondisi ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari hewan sapi itu sendiri. Sementara faktor eksternal disebabkan oleh lingkungan, termasuk di dalamnya pengetahuan umum dan tata cara tentang teknik pemeliharaan ternak, fasilitas kandang, serta iklim dimana lokasi kandang berada. Baca selengkapnya...