RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Bengkel Sapi Kalijeruk, Pusat Percontohan Budidaya dan Model Bisnis Ternak

Yang disebut bengkel adalah Bengkel adalah sebuah bangunan yang menyediakan ruang dan peralatan untuk melakukan konstruksi atau manufaktur, dan/atau memperbaiki benda. Saat ini istilah bengkel juga digunakan pada sebuah tempat di Kalijeruk, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, yang dapat merekondisi sapi dengan permasalahan kekurangan nutrisi, serta sebagai pusat percontohan budidaya dan model bisnis sapi potong dan sapi perah.

Bengkel sapi Kalijeruk berdiri sejak tahun 2017, merupakan bagian dari Agromix Lestari Group yang berdiri sejak tahun 2017, dan dikelola oleh Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA Dekan Fakultas Peternakan UGM dan para tenaga profesional muda dari UGM serta lulusan perguruan tinggi lainnya, sehingga dapat menjadi sarana magang dan pelatihan berbagai kampus.

Agromix Lestari merupakan unit bisnis produsen pakan tambahan dan suplemen untuk ternak, yang terus menerus berupaya berinovasi dalam mengembangkan produk yang dapat mengurai permasalahan pada lapangan, serta  menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi (salah satunya Fakultas Peternakan UGM) , swasta, dan kelompok masyarakat peternak dalam bersama-sama mengembangkan produk-produk yang berorientasi pada penyelesaian masalah berbasis riset yang saintifik.

Kunci pemeliharaan konsep bengkel sapi adalah dengan menggunakan formulasi teknologi pakan, antara lain Booster Sapi dan SBP. Booster sapi merupakan zat tambahan yang terdiri dari mineral makro, mineral mikro, dan bahan-bahan organik yang lengkap dan seimbang. Sedangkan SBP (Saus Burger Pakan) merupakan probiotik yang memiliki kandungan multi mikrobia yang lengkap dan sudah mendapatkan rekor muri.

Teknologi pakan ini yang mampu memberikan hasil yang maksimal dan kualitas turunan yang memiliki nilai nutrisi yang lebih tinggi baik untuk pemeliharaan sapi potong (nafsu makan, ADG, Daging, dll) dan sapi perah (susu).

Bengkel sapi sampai saat ini terus melakukan penelitian dan peningkatan pelayanan agar dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat luas, termasuk hasil riset Prof. Dr. Ir. Ali Agus yang dilakukannya selama lebih dari 20 tahun.

Di bengkel sapi ini, sapi-sapi yang kekurangan gizi, diperbaiki lewat perbaikan pakan, terutama hijauan, rumput, dan sebagainya yang telah direkayasa. Pakan memang memiliki peran penting dalam usaha peternakan. Pasalnya, biaya produksi yang dikeluarkan untuk menyediakan pakan ternak bisa mencapai 70 persen dari keseluruhan biaya. Jika pakannya bermasalah, maka peternak sapi akan babak belur.

Selama ini, peternak sapi tradisional masih bergantung pada ketersediaan bahan pakan alami. Terlebih ketika memasuki musim kemarau dimana peternak mengalami kesulitan menyediakan sumber energi , sehingga yang diberikan hanya jerami, hijauan rumput dan gedebok pisang. Akibatnya. sapi peliharaannya akan kekurangan gizi.

Padahal sudah ada teknologi untuk mengolah jerami itu agar punya kualitas gizi yang lebih baik. Ada juga  aditif yang bisa dicampurkan ke dalam konsentrat agar menjadi formula yang bagus.

Kini, Bengkel Sapi Kalijeruk tak pernah sepi. Peternak dari berbagai wilayah di Indonesia sering mampir untuk sekedar berbagi ilmu. Tak cuma soal sapi, namun juga domba, ayam, kambing.

Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Guntur Subagja Mahardika mengapresiasi  bengkel sapi ini, sebagai  inovasi untuk mencetak sapi unggul yang dapat diproduksi oleh rakyat.Guru besar FEB UGM Prof Gunawan Sumodiningrat menilai program bengkel sapi dapat menjadi model yang bisa diterapkan di berbagai daerah.

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

Hebat! Membeli Sapi Kurban Dengan Uang Jasa Pijat

Pijat adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan cara memberi tekanan pada anggota tubuh, terutama kulit, otot, dan urat, dengan teknik atau metode tertentu. Dengan pijat, ada beberapa penyakit dapat diatasi dan mendapatkan kembali keseimbangan tubuh. Berbicara tentang pijat, masyarakat Indonesia lebih akrab dengan pijat tradisional. Baca selengkapnya...

Program Desa Korporasi Sapi, Apa Manfaatnya Bagi Peternak?

Program Desa Korporasi Sapi (DKS) adalah pengembangan kawasan peternakan berbasis korporasi peternak yang dicetuskan oleh Kementerian Pertanian sejak 2020. Dimulai dengan 5 (lima) lokasi, yaitu: NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Lampung dan Jawa Timur, kemudian berkembang menjadi sembilan lokasi pada 2021. Baca selengkapnya...

Apa Hubungan Antara Mie, Dengan Sapi Dan Banteng?

Banteng, hewan satu ini memang mempunyai banyak kemiripan dengan sapi, karena memang masih berkerabat dengan sapi, bedanya banteng termasuk hewan yang dilindungi. Banteng dilindungi karena mereka terancam kepunahan. Hewan satu ini juga dikenal dengan nama tembadau. Tapi mohon maaf, artikel ini tidak membahas lebih jauh tentang sapi dan banteng sebagai hewan, melainkan nama dari sebuah dusun di Yogyakarta yang kini terkenal karena memiliki olahan mie yang banyak disukai orang, namanya Mie Sapi… Baca selengkapnya...

Dendeng Batokok, This Food is Made From Beaten Meat

Having multi-cultural society, Indonesia is known for culinary richness. Every region in this country has its specific foods. One of areas in Indonesia that is known rich cuisine is West Sumatera, which is known for so many specific foods. The most popular ones include rendang and sate padang. Besides these two popular foods, there is also dendeng or beef jerky, which is also available in some variants. Dendeng or Indonesian beef jerky is a specific food from West Sumatera. Baca selengkapnya...