RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Demi Kembangkan Vaksin, Australia akan Impor Sapi Yang Mengidap Penyakit Kulit dari Indonesia

Lumpy Skin Disease (LSD) adalah penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV). Salah satu jenis penyakit pada sapi, yang terdeteksi ada di Indonesia pada awal Maret lalu. Gejalanya  berupa bintil dan benjolan hitam pada kulit sapi, yang disebarkan oleh lalat, kutu dan  nyamuk. Selain menyebabkan demam, LSD juga bisa menyebabkan kematian.

Agar dapat mengembangkan vaksin untuk mencegah penyebarannya,  Pemerintah negara tersebut telah memutuskan akan mengimpor sapi yang mengidap penyakit LSD dari Indonesia. 

Menteri Pertanian Australia. David Littleproud, sebelumnya telah mendapat kritik dari kalangan industri peternakan, karena hanya mengalokasi dana APBN yang terbatas untuk program biosekuriti, termasuk melindungi Australia dari penyakit kulit sapi.

David mengatakan, ia telah menunjuk lembaga penelitian CSIRO di Geelong, Victoria, untuk  menguji virus penyebab penyakit tersebut.   Jika berjangkit di Australia, dampaknya sangat luar biasa karena dapat memusnahkan industri daging merah dan produk susu di negara ini.  CSIRO di Geelong adalah sebuah laboratorium yang dirancang untuk menangani penyakit hewan menular.   CSIRO sebelum ini juga pernah mengembangkan vaksin untuk virus penyakit kuda yang mematikan, yaitu Virus Hendra.

Jika melihat jarak, Indonesia sebenarnya cukup jauh wilayah daratan Australia, yaitu  sekitar 3.000 kilometer. Namun cukup dengan satu kali badai angin topan saja, virus penyakit LSD dapat  menyebar ke Australia.

Nantinya, jika vaksin yang dibuat telah berhasil memusnahkan penyakit LSD, maka  Australia akan berupaya menyediakan vaksin tersebut ke negara lain seperti Indonesia dan Timor Leste.

Oleh sebab itu, Pejabat tertinggi bidang kedokteran hewan Australia, Dr Mark Schipp, menyatakan pihaknya mendukung langkah agar pemerintah mengimpor sapi pengidap penyakit kulit ini dari Indonesia. Mark sendiri telah mengunjungi Indonesia, untuk melihat  sapi-sapi yang terkena  penyakit ini yang menyebar sejak ditemukan pertama kali di Riau. 

Menteri Littleproud mengatakan sebuah satuan tugas segera dibentuk untuk merealisasikan komitmen pemerintah senilai A$61 miliar untuk meningkatkan biosekuriti di Australia utara. Satgas tersebut dipimpin oleh Chris Parker, mantan kepala Otorita Hama dan Kedokteran Hewan Australia.

Sumber: detik.com

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Loans Low Interest for Cow Breeders

The Easy loans low interest for the Cow Breeder from the Government. The Indonesian government has been concerning about small business done by its people. A lot of people, especially those who live far from the city, do the local business by cultivating field on the village or breeding cattle. Breeding cow is one of the businesses done by many villagers. And the government has already planned to give a loan for those breeders in village through a program called Kredit Usaha Rakyat (KUR) or… Baca selengkapnya...

Cara Mudah Mengolah Susu Sapi Menjadi Keju Terbaik Jenis Mozzarella

Jika anda penggemar keju atau penggemar makanan barat, pasti sudah tak asing lagi dengan keju terbaik, termasuk jenis Mozzarela. Keju ini berasal dari Italia yang biasanya digunakan sebagai topping untuk berbagai menu seperti topping pizza, baked rice, lasagna, macaroni shcootel, dan lain sebagainya. Secara harfiah, Mozzarella memiliki arti memotong, berasal dari bahasa Italia yakni mozzare. Kini, keju mozzarella dengan mudah di berbagai tempat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Baca selengkapnya...

Tak Perlu Khawatir, Keguguran Pada Sapi Bisa Dicegah Menggunakan Vaksin

Selain penyakit kudis, ada lagi satu jenis penyakit yang sangat merugikan peternak yaitu Penyakit Bovine Genital Campylobacteriosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Campylobacter feotus. Pada sapi betina, bakteri ini adalah penyebab mandul, kematian embrio dan keguguran. Sedangkan pada sapi jantan, sifat infeksinya adalah permanen dan biasanya menyerang di usia 3 tahun. Baca selengkapnya...

Perlakuan Yang Baik dan Benar Dapat Menjaga Kualitas Produk Susu Segar

Banyak dari anda yang mungkin suka dengan susu sapi. Produk peternakan tersebut memang kaya gizi dan menyehatkan. Citasanya pun sangat enak, apalagi di jaman sekarang ini mulai banyak sekali varian rasa yang bisa ditambahkan sehingga rasanya lebih segar. Namun demikian, susu sapi terbaik untuk dikonsumsi tetaplah susu segar. Baca selengkapnya...