RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Di Sekolah ini, Kotoran Sapi Bisa Digunakan Untuk Bayar SPP

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia,  SPP punya  beberapa singkatan yaitu 1. Surat Persetujuan Pembayaran 2. Sumbangan Pembinaan Pendidikan 3. Surat Perjanjian Penerbitan. Namun jika ada hubungannya dengan pendidikan atau sekolah, berarti SPP itu sendiri mengambil definisi no.2 dan bisa diartikan bahwa SPP adalah Sumbangan berupa dana untuk pembinaan pendidikan yang berada dalam suatu instansi pendidikan.

Pada beberapa waktu yang lalu, pengelolaan SMA dan SMK adalah wewenang dari pemerintah kabupaten/kota. Namun ada perubahan kebijakan, saat ini wewenang tersebut diambil alih oleh pemerintah provinsi. Akibatnya, sejumlah daerah mulai memberlakukan kebijakan baru yakni memperbolehkan pihak sekolah untuk kembali menarik iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Regulasi sekolah gratis alias terbebas dari pungutan SPP hanya diberlakukan pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri. Kebijakan tersebut berlaku secara nasional.

Di Ponorogo, di Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, ada sebuah Yayasan, yaitu Yayasan SMK 1, yang memiliki kebijakan unik untuk siswa yang kurang mampu membayar biaya pendidikan.

Menurut Ketua Yayasan SMK 1 Pemda Ponorogo Imam Subaweh, sebanyak 44 siswa kurang mampu di sekolah ini, tak perlu membayar biaya pendidikan. Namun, mereka bisa mengganti biaya tersebut dengan menyetorkan kotoran sapi.

Sebagian besar peserta didik yang sekolah ini adalah siswa putus sekolah karena berbagai alasan, salah satunya karena faktor ekonomi. Mereka berasal dari keluarga-keluarga yang tinggal di lereng pegunungan. Yayasan SMK 1 kemudian menampung ulang dengan biaya gratis. Siswa hanya diminta membantu sekolah mengumpulkan kotoran sapi dari kandang lalu disetor sebagai pengganti SPP.

Bagi siswa yang tidak punya ternak sapi didorong untuk mencari kotoran sapi di sekitar lingkungannya, untuk kemudian disetor setiap hari bersamaan dengan jadwal masuk sekolah.

Tidak ada patokan jumlah atau volume kotoran sapi yang boleh disetorkan siswa ke sekolah. Selain bersifat sukarela, kebijakan itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan siswa untuk peduli dengan masalah pecemaran lingkungan.

Program sekolah gratis dengan membayar kotoran sapi ini, ternyata  sangat membantu siswa untuk terus melanjutkan sekolah. Kotoran sapi yang sudah terkumpul kemudian dijemur sampai kering,  selanjutnya diambil oleh pengepul sebagai bahan baku pupuk yang akan disetor ke pabrik pupuk organik di Madiun.

Selain itu, karena SMK 1 Pemda Ponorogo termasuk jurusan peternakan, program sekolah gratis dengan membayar kotoran sapi ini bisa menjadi pembelajaran langsung siswa, dengan menjadikannya sebagai bahan baku pupuk kompos. .

Menurut Imam, metode pembelajaran berwawasan lingkungan ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini, SMK 1 Pemda Ponorogo dengan akreditasi B sudah meluluskan enam angkatan. Sekolah gratis ini memang  mempunyai niatan untuk menghadapi tantangan pencemaran lingkungan karena produksi kotoran limbah sapi perah di Ponorogo.

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

5 Cara Ampuh Merayu Anak Mau Minum Susu, Agar Proses Tumbuh Kembang Berjalan Dengan Sempurna

Susu sapi kini menjadi ‘senjata’ banyak orang tua untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak. Tak mengherankan karena minuman yang satu ini memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati. Terlebih lagi, kini juga sudah banyak varian susu sapi yang disesuaikan dengan usia anak sehingga anak akan lebih presisi mendapatkan tambahan nutrisi yang dibutuhkan. Baca selengkapnya...
Farm House Lembang One Attraction with Multiple Stunning Spots in Bandung

Farm House Lembang: One Attraction with Multiple Stunning Spots in Bandung

When you have a chance to visit Bandung, West Java, Indonesia for holiday, one of the tourist spots you need to visit is Farm House Lembang. Located on Lembang Highway, it is not difficult to reach, just make sure you are on the right road to Lembang. Interestingly, this area has been known for many years as a destination to vacation even before the farmhouse was opened. Therefore, many inns and hotels are available around with various types and prices. Baca selengkapnya...
mobil dan kotoran sapi

Menang Kontes Modifikasi Mobil Berkat Kotoran Sapi

Semua yang tercipta di bumi memang terdapat manfaatnya masing-masing, bahkan hal yang terkadang kita remehkan sekalipun bisa berfungsi dengan baik apabila kita kreatif dalam memaksimalkan fungsinya pada tempat yang benar, termasuk dengan kotoran sapi ini. Contohnya adalah modifikasi mobil dengan kotoran sapi. Apa? Bagaimana hal itu bisa dilakukan? Baca selengkapnya...

Reza Abdul Jabbar, Peternak Sapi Perah Asal Indonesia Yang Sukses di Selandia Baru

Tak salah rasanya jika menilik pada ungkapan yang umum didengar di masyarakat bahwa ‘merantaulah untuk memperbaiki nasib’. Meski tak sedikit orang tak juga berhasil setelah merantau jauh dari kampung halaman, tetapi banyak pula orang yang menuai sukses besar setelah beranjak jauh dari tanah kelahirannya. Hal ini salah satunya dirasakan oleh Reza Abdul Jabbar, seorang peternak sapi perah di Selandia Baru, tetapi asal Indonesia. Baca selengkapnya...