RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Hal-hal Mistis Terkait Ternak Sapi

Di Indonesia, ada beberapa tradisi yang melibatkan sapi, hewan ternak yang susu dan dagingnya bermanfaat bagi umat manusia. Sebut saja balapan sapi khas Madura (karapan sapi). Sapi juga dipotong di hari raya Idul Adha yang dirayakan umat Muslim setiap 10 Zulhijah. Sapi juga dianggap hewan suci bagi umat Hindu. Di India, bahkan sapi mendapat perlakuan istimewa. Seperti disediakan ambulan untuk sapi yang sakit.

Tak hanya itu, sapi juga punya kisah menarik yang terkait dengan mistis. Apa saja ya? Yuk simak.

1. SAPI UNTUK SESERAHAN NIKAH GAIB

Ya, hewan seperti sapi dan babi disiapkan sebagai sesajen di acara unik tersebut. Proses pernikahan gaib ini dilangsungkan di suatu daerah di Kalimantan dan pengantinnya adalah Panglima Burung dan Sri Baruno Prameswari, yang diyakini sebagai titisan tokoh mitologi Jawa,Nyi Roro Kidul.

 

2. SAPI YANG TIDAK BERANI MELEWATI TEMPAT DITEMUKANNYA ARCA NANDI

Arca Nandi di Candi Kendulan, Sleman,Yogyakarta bisa jadi tidak sepopuler Candi Prambanan atau Candi Borobudur. Namun,tempat ini juga menyimpan kisah mistis tersendiri lho! Salah seorang pemilik sapi menuturkan kepada kepala Pelestarian dan Pemanfaatan BPCB DIY, Wahyu Astuti sebagaimana dilansir Merdeka.com bahwa sapi-sapi akan berbelok atau memutar balik setiap melewati tempat arca itu.

Diyakini karena Nandi sendiri adalah kendaraan Dewa Siwa yang berbentuk sapi. Apa itu kebetulan? Entahlah. Arca itu sendiri ditemukan setelah 22 tahun dicari. Uniknya, kondisi kepala sapinya hilang. Waduh!

 

3. HANTU KEPALA SAPI

Sosok jadi-jadian ini namanya Gozu dan ada di Jepang. Wujudnya berkepala sapi tapi bertubuh manusia. Lepas dari ada bukti atau tidak, terbukti tidak ada yang berani menceritakan sosok mengerikan ini. Ada dua versi dari Gozu ini. Ada yang bilang Gozu adalah sosok yang baik, tetapi ada juga yang mengatakan makhluk ini bengis dan jahat. Isu yang beredar adalah mereka yang mendengar cerita Gozu ini akan mengalami teror mengerikan. Jadi, ujungnya cerita itu hanya sampai di judul, tidak ada yang bisa menceritakan kisahnya secara utuh.

Salah satu kisah mengerikan diyakini dialami seorang guru yang kerap menghibur murid-muridnya dengan menceritakan kisah horor. Saat sang guru menceritakan soal Gozu, murid-muridnya meminta dia berhenti. Sang guru terus melanjutkan ceritanya sebelum dia dan murid-muridnya mengalami hilang ingatan.

Ada lagi salah satu kisah Gozu yang baik hati. Ini tentang seorang wanita yang didatangi kepala sapi di malam hari tanpa tubuh. Sosok mengerikan itu meminta si tuan rumah menampungnya. Tanpa takut perempuan bernama Oksana tersebut memperlakukannya dengan baik, demikian seperti yang dikutip Americanfolklore. Keesokan harinya, si kepala sapi itu menghilang dan kebaikan Oksana dibalas dengan sebongkah berlian dan perhiasan.

Sekali lagi, belum ada yang bisa membuktikan kisah mana yang benar.

 

4. SAPI MIRIP MANUSIA DI GORONTALO

Ini terjadi di awal tahun 2018. Kelahiran anak sapi tanpa mata dan berwujud seperti manusia menghebohkan warga sebuah desa di Gorontalo. Lalu muncullah isu mistis sekalipun ada juga yang berusaha berpikir rasional dengan mengatakan bahwa kemungkinan itu terjadi karena kelainan genetik.

Memang sempat beredar isu bahwa sapi yang tidak normal itu membawa sial, sehingga sapi tersebut dibunuh warga. Seorang penelitu LIPI Gono Semiadi meminta agar warga tidak gampang mengkaitkan segala kejadian dengan mistis.

Perisitwa ini mengajak kita untuk menggunakan akal sehat ketimbang mempercayai ‘katanya’ yang bisa saja berita palsu bukan?!

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Yudi Guntara, Peternak Yang Sukses Menerapkan Konsep Bisnis Dari Hulu Hingga Hilir

Nama Yudi Guntara Noor tidak akan terlewatkan ketika berbicara tentang topik pengusaha sukses di bidang peternakan dan organisator ulung. Alumnus SMPN 2 Tasikmalaya, SMAN 2 Tasikmalaya dan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran ini memang tak dapat dipisahkan dari kegiatan berorganisasi. Baca selengkapnya...

Dari Empat Jenis Babat Sapi, Cuma Tiga Yang Umum Diolah Menjadi Hidangan Lezat

Babat adalah daging yang berasal dari jeroan hewan, biasanya lambung sapi, yang diolah dan disantap sebagai lauk atau sebagai bagian dari masakan lain, misalnya soto babat, nasi goreng babat dan sebagainya. Teksturnya kenyal dan memiliki citarasa tersendiri, oleh sebab itu banyak yang menyukainya. Ada empat jenis babat sapi yang ternyata memiliki tekstur berbeda-beda. Baca selengkapnya...

Bagaimana Manajemen Yang Baik Untuk Sapi Perah Bunting? Simak Disini...

Sekarang ini semakin banyak orang beternak sapi. Namun tidak semua peternak memahami manajemen yang baik untuk memelihara sapi. Sampai saat ini, produksi sapi perah Indonesia belum mencukupi kebutuhan susu nasional. Salah satu penyebabnya adalah manajemen pemeliharaan yang kurang profesional. Perawatan hewan sapi tidak cukup dengan memberi pakan yang baik serta kandang yang nyaman, melainkan juga memahami kondisi setiap hewan ternak di peternakan. Baca selengkapnya...