RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Macadamia dan Bir, Pakan dan Minum Sapi Andalan Di Peternakan Milik Mark Zuckerberg

Menurut Jill Griffin (2003), diferensiasi produk diartikan sebagai penciptaan suatu produk atau citra produk yang cukup berbeda dengan produk-produk yang telah beredar, dengan maksud untuk menarik konsumen. Apakah definisi tersebut berlaku juga untuk  Mark Zuckerberg,  yang sedang membangun usaha ternak sapi, diluar bisnisnya di bidang teknologi?

Tidak main-main, Mark Zuckerberg berniat untuk memproduksi daging sapi terbaik di dunia. Untuk itu, ia telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 1.400 hektar di Ko'olau di Kauai (Hawaii).

Di dalamnya akan dipelihara  sapi jenis wagyu dan angus, yang di diberi pakan macadamia dan minum bir yang disediakan secara khusus.

 

 

Pakan Sapi Macadamia.

Macadamia adalah salah satu jenis kacang yang harga jualnya sangat mahal, yaitu 25 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 359 ribu per pon  pada tahun 2022 yang lalu dan  terus meningkat setiap tahunnya.

Penyebabnya adalah,  tidak semua tanah cocok ditanami macadamia. Selain itu, dibutuhkan waktu cukup lama mulai dari biji hingga memanen  hasilnya, yaitu antara tujuh hingga sepuluh tahun.

Salah satu lokasi yang terbukti bisa memproduksi kacang macadamia secara maksimal adalah Hawaii, tempat yang dipilih oleh Mark Zuckerberg untuk membangun peternakannya. Sampai saat ini, hampir semua negara yang membutuhkan macadamia harus mengimpor dari negara ini.

Kandungan nutrisi pada macadamia juga cukup lengkap yaitu  kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, kalsium, magnesium, hingga antioksidan yang tinggi.

Entah alasan yang mana,  yang menjadi pertimbangan Mark Zuckerberg untuk  membangun peternakan sapi disini.

 

 

Bir Untuk Sapi

Memberikan bir pada sapi, diyakini dapat  membuat daging yang dihasilkan memiliki rasa yang enak dengan kualitas super. Seperti yang dilakukan sebuah peternakan di Belgia tepatnya di Chimay, dimana setiap ekor sapinya diberi minum bir sebanyak 4 liter setiap hari.

Pemberian tersebut dilakukan sedikitnya selama 1 bulan sebelum sapi-sapi tersebut disembelih dan dijual dagingnya.

Ide memberi bir kepada sapi-sapinya muncul saat pemilik peternakan tersebut, mendengar kabar bahwa produsen sapi Kobe Jepang melakukan cara ini untuk dapatkan kualitas daging sapi super. Walau dinilai sebagai sebuah mitos, namun banyak peternak yang mempercayainya, (mungkin) termasuk Mark Zuckerberg.

 

 

Modal Membangun Peternakan Sapi

Modal yang digelontorkan oleh Mark Zuckerberg, mencapai US$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,55 triliun, terhitung luar biasa. Ternyata bukan peternakan biasa, melainkan peternakan ‘plus’. Sebab selain kandang berikut pasilitas pendukungnya, peternakan ini juga dilengkapi dengan dua rumah besar seluas 57,000 kaki persegi lengkap dengan lift, kantor, ruang konferensi, dapur mewah serta bunker bawah tanah sebagai perlindungan bila ada bencana.

Orang super kaya memang beda!

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...

Mengenal Sapi Simental yang Jadi Primadona di Indonesia

Sapi Simental – Di Indonesia terdapat banyak macam sapi yang dibudidayakan. Baik untuk sapi pedaging atau sapi perah. Salah satu jenis sapi yang cukup terkenal di kalangan peternak adalah sapi Simental. Baca selengkapnya...

Perbandingan Harga Sapi Limosin dan Simental, Mana Yang Lebih Mahal?

Di Indonesia ada 2 jenis sapi yang sangat populer karena performa dan bobotnya yaitu sapi Simental dan sapi Limosin. Tampilan kedua jenis sapi ini memang terlihat lebih gempal dan bongsor jika dibandingkan dengan sapi lokal, sehingga ‘menggoda’ mata para pedagang daging dan pemburu hewan kurban. Baca selengkapnya...

Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

Untuk membuka usaha peternakan sapi perah, sebaiknya menggunakan Sapi Friesian Holstein. Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini. Baca selengkapnya...

Gejala Dan Penanganan Broyong (Prolapsus Uteri) Pada Sapi

Gangguan reproduksi yang umum terjadi pada sapi diantaranya prolapsus uteri (Broyong) yang sering terjadi pada umur kebuntingan tua. Apabila gangguan reproduksi ini tidak dapat tertangani maka dapat menyebabkan kerugian ekonomi pada usaha peternakan. Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.