RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Perawatan Penanganan Pantangan Dan Makanan Untuk Sapi Hamil

Pembibitan sapi potong pada peternakan tradisional produktivitasnya sangat rendah. Hal ini secara langsung berpengaruh pada pendapatan peternak. Seperti telah kita ketahui bersama, kegiatan usaha peternakan sapi potong dapat dikelompokkan ke dalam beberapa aktivitas yang saling terkait, yaitu: pelestarian (konservasi). pembibitan (peningkatan mutu genetik). perkembangbiakan (CCO) dan pembesaran (pengemukan).

Dikalangan masyarakat, istilah pelestarian, pembibitan dan perkembangbiakan  masih campur aduk dengan istilah pembibitan saja. Pembibitan sapi potong sampai saat ini masih merupakan sumber utama bagi usaha penggemukan sapi potong di Indonesia, walaupun ada sebagian kecil yang berasal dari impor namun secara umum kebutuhan konsumsi daging sapi di Indonesia sangat tergantung pada usaha pembibitan.

Sayangnya pembibitan lebih banyak dikelola oleh peternakan rakyat. Sampai saat ini elum ada perusahaan swasta atau perusahaan negara yang bergerak di bidang pembibitan sapi potong, karena usaha ini dinilai kurang menguntungkan.

Itu sebabnya, diperlukan pengetahuan yang mendalam agar peternakan tradisional mampu melakukan pembibitan sapi. 

Penyebab utamanya masalah pembibitan di peternakan rakyat  adalah kuantitas pakan yang diberikan serta cara penyapihan pedet yang kurang tepat.

Induk yang mengonsumsi pakan dengan kandungan nutrisi rendah selama laktasi serta penyusuan pedet, secara langsung akan mengganggu pertumbuhan induk maupun pedetnya, hingga menyebabkan kematian.

Untuk mendapatkan pedet yang cukup kuat, salah satu caranya memperhatikan dan merawat induk sapi yang akan melahirkan. Setidaknya 6 minggu sebelum beranak induk sapi sudah dikeringkan, maksudnya adalah menghentikan pemerahan selama ± 8 minggu menjelang sapi melahirkan kembali.

Dengan menghentikan pemerahan, maka induk akan memiliki cadangan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janinnya. Hal ini juga akan memberi pengaruh pada kualitas dan jumlah antibody yang terkandung didalam kolostrum, yaitu susu pertama untuk pedet yang membuat pedet lebih sehat dan kebal penyakit setelah dilahirkan.

Jika induk mendapatkan pakan dengan kandungan energi dan atau protein yang rendah, janin memang tetap berkembang seperti pada umumnya, dengan nutrisinya mengambil dari tubuh induknya.

Jika berlangsung terus menerus, bisa berakibatnya bisa fatal, karena akan banyak permasalahan saat persalinan. Seperti terjadinya retensio placenta, berkurangnya imun atau kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, seperti mastitis baik sebelum atau setelah beranak.

Oleh sebab itu, memberikan mineral dan vitamin pada induk yang bunting tua, dapat membantu  perkembangan janin serta membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Defisiensi nutrisi atau malnutrisi adalah kondisi dimana sapi tidak mendapatkan unsur pembangun tubuh seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam kadar ideal agar tubuhnya bisa berfungsi dengan baik.

Defisiensi nutrisi bisa membuat pedet yang dilahirkan lebih rentan terserang penyakit, diantaranya diare. Untuk mencegahnya,  bisa dilakukan dengan vaksinasi diare pada ternak bunting tua sebelum beranak.

Sebagai patokan, induk dewasa harus diinjeksi 4 – 6 minggu sebelum bersalin, dan diulang kembali satu bulan sebelum bersalin.

 

Sumber : Juknis Pemeliharaan dan Penyapihan Pedet Sapi Potong,Kementrian Pertanian Balai Embrio Ternak, Loka Penelitian Sapi Potong, Grati-Pasuruan, 2013.

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Gyuniku Kyandi, Permen Khas Jepang Yang Dibuat Dari Daging Sapi

Jepang memang tak pernah berhenti menciptakan produk makanan hingga cemilan unik, yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Salah satunya permen daging sapi ini. Bukan seperti permen biasa, bahan bakunya adalah daging sapi yang diiris tipis seperti sukiyaki. Uniknya walaupun dibuat dari daging sapi, permen ini tidak amis sama sekali. Citarasanya sekilas merupakan perpaduan antara rasa asin dan manis, mengingatkan pada rasa saus kecap asin dan sake saat makan daging. Baca selengkapnya...

Bagaimana Cara Mengolah Daging Beku Yang Baru Dikeluarkan Dari Lemari Pendingin?

Pada momen momen tertentu pasti banyak dari anda yang memiliki stok daging sapi dalam jumlah yang banyak bukan? Misalnya saja dalam momen seperti Idul Adha dimana hampir semua orang pasti mendapatkan daging. Nah, untuk momen seperti ini biasanya daging sapi tak langsung semua diolah dan ada beberapa yang disimpan atau dibekukan dalam freezer. Baca selengkapnya...

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

'Ibu Tiri Kalah Kejam Dengan Ibu Kota' Tidak Berlaku Bagi Peternak Sapi Perah di Jakarta

Istilah Ibu Kota dan ibu tiri, sudah diperbincangkan sejak tahun 1981. Berawal dari film nasional yang dibintangi oleh almarhum Ateng dan Iskak yang berjudul 'Kejamnya ibu tiri tak sekejam Ibu Kota'. Kisahnya tentang Ateng yang memiliki ibu tiri yang jahat, yang diperankan oleh Doris Calleboute. Baca selengkapnya...