RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Pilek Adalah Gejala Penyakit Pada Sapi Yang Disebut Malignant Catarrhal Fever

Ingus adalah sejenis lendir lengket yang ada di dalam rongga hidung. Meski dianggap sebagai kotoran, tetapi perannya sangat penting yaitu sebagai alat untuk mengenali berbagai jenis bau-bauan dengan sangat baik. Selain itu, Kondisi kesehatan sapi bisa terungkap lewat lendir yang keluar dari dalam rongga hidung tersebut.

  • Bening; Lendir dari dalam rongga hidung yang bening masih dianggap normal. Namun jika terus mengalir berlebihan bisa jadi tanda alergi atau akan terserang Flu.  Lendir jernih ini melindungi hidung dari partikel membahayakan yang bertebaran di udara. Umumnya, ingus bening seperti ini mengandung protein, air, antibodi, dan garam.
  • Putih ; Ada kemungkinan hidung tersumbat karena jaringan hidung yang bengkak dan teriritasi. Bisa juga berasal dari infeksi, flu. alergi, atau dehidrasi. 
  • Kuning; Lendir berwarna kuning adalah tanda bahwa tubuh sedang mempertahankan diri supaya tetap sehat dari flu dan infeksi. Warna kuning tersebut berasal dari sel darah putih yang telah mati.
  • Merah; Satu pertanda bahwa jaringan hidung kering, terdapat kerusakan, atau teriritasi. Warna merahnya berasal dari darah.
  • Coklat;  Dapat menjadi petunjuk iritasi didalam rongga hidung, atau  merupakan dampak dari polusi. Lendir berwarna coklat berasal dari darah yang mengering.
  • Hitam; Lendir yang berwarna hitam bisa terjadi bila menghirup asap atau ada  infeksi jamur didalam tubuh 
  • Hijau; Lendir berwarna hijau yang keluar dari rongga hidung menandakan bahwa ada yang tidak beres didalam tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh bekerja lebih keras. Di dalam lendir yang seperti ini, terdapat banyak sel darah putih yang mati dan kepingan sel lainnya. 

Pada ternak sapi, apabila keluar lendir berwarna hijau, atau biasa disebut sebagai ingus hijau yang berlebihan bisa dicurigai telah terinfeksi  sebagai penyakit ingusan atau  malignant catarrhal fever yang disebabkan oleh virus Gamma HerpesviriaeBiasanya, hewan yang menjadi perantara virus tersebut adalah kambing dan domba.

Meskipun gejala ingus hijau tidak tampak pada kedua jenis hewan tersebut, akan tetapi kontak antara sapi dan kambing atau domba kerap kali menjadi salah satu faktor penyebab menyebarnya penyakit tersebut.

Mengingat bahwa sapi potong lebih sering digembalakan daripada sapi perah, hal itulah yang menyebabkan sapi potong lebih sering terserang penyakit ingusan dibandingkan sapi perah.

Bagi para pelaku usaha ternak, penyakit ingus hijau yang menyerang sapi menjadi hal yang cukup meresahkan karena bisa menular kepada sapi lain. Oleh sebab itu. peternak  harus bisa mengenali gejala umum penyakit ingusan yaitu:

  • Sapi mengeluarkan ingus yang awalnya encer kemudian makin lama makin mengental dan menjadi ingus hijau.
  • Air liur menetes dari mulut sapi.
  • Moncong sapi tampak kering, tetapi mengeluarkan nanah.
  • Sapi sulit bernapas karena hidungnya tersumbat kerak ingus hijau.
  • Ternak sapi mengalami demam tinggi.
  • Kornea mata tampak keruh. Pada kondisi yang parah, mata sapi bisa mengalami kebutaan.
  • Kadang-kadang, sapi mengalami sembelit dan diare.
  • Kulit juga bisa mengelupas apabila penyakit ingusan yang diderita sudah akut.
  • Tubuh sapi melemah dan berjalan dengan sempoyongan.
  • Jika kondisi sapi sudah semakin parah, sapi bisa mengalami kelumpuhan total dan bahkan mati.

Penyakit ingus hijau tidak bisa dibiarkan terus berlarut-larut, sayangnya obat untuk penyakit ingusan memang belum ditemukan. Maka yang dapat dilakukan peternak adalah memaksimalkan tindakan pencegahan melalui beberapa cara berikut ini :

  1. Untuk menghindari kontak dengan domba dan kambing, sapi harus dijauhkan dari kedua hewan itu, baik saat digembalakan ataupun lokasi kandangnya 
  2. Kandang, lingkungan dan sapinya harus selalu bersih 
  3. Berikan pakan yang bergizi, untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.
  4. Jika ada sapi yang sakit,  segera diisolasi supaya tidak menular kepada sapi lain yang masih sehat.
        

Kalau kondisi sapi sudah tidak bisa ditolong lagi sebaiknya segera dipotong saja. Daging dari ternak sapi penderita penyakit ingus hijau tetap dapat dikonsumsi dengan syarat bagian kepala dan isi perut harus dimusnahkan.

Semoga penjelasan tentang penyakit ingus hijau beserta cara menanggulangi hal tersebut dapat bermanfaat, khususnya untuk peningkatan kualitas produk bidang peternakan.

 

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

T-Bone Steak Adalah Olahan Daging Sapi Yang Terkenal Kelezatannya, Begini Cara Membuatnya...

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T Bone steak adalah salah satu jenis olahan daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T. Baca selengkapnya...
  • 23

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Memasak Susu Murni Agar Tidak Pecah, Ternyata Ada Triknya

Buah hati kita yang masih bayi seringkali harus diberikan susu untuk mencukupi nutrisinya dan menjaga tumbuh kembangnya. Namun, seringkali memang kita sudah menyediakan susu namun terlambat disajikan untuk si kecil karena berbagai alasan seperti misalnya si kecil yang sudah terlanjur tertidur. Untuk hal ini banyak orang tua yang kemudian memutuskan untuk memanaskan kembali susu murni namun takut apabila susu tersebut menjadi pecah. Belum lagi bayang bayang bahwa susu murni akan rusak apabila… Baca selengkapnya...
  • 56

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Easy to Breed is the Superiority of Bali Cattle

Bali cattle are one of the Indonesia’s native cattle species. Despite a declining trend, it has quite large population in Indonesia. Indeed, Bali cattle have some advantages compared to the other species of cattle in Indonesia. Bali cattle are one of the Indonesia’s native cattle species. Despite a declining trend, it has quite large population in Indonesia. Indeed, Bali cattle have some advantages compared to the other species of cattle in Indonesia. Baca selengkapnya...
  • 55

    Jual Sapi 22 Ekor

    Bagi yang siap borong semua juga boleh. Lokasi Ds sawangan doro Kab. Pekalongan.