RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Perbedaan Sapi Perah Biasa Dengan Jenis A2?

Belum lama ini telah ditemukan jenis sapi baru, dinamakan dengan sapi A2. Kelebihan dari sapi perah ini dibandingkan dengan jenis yang biasa adalah, bisa menghasilkan susu yang tidak menyebabkan gangguan pencernaan, utamanya bagi mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Secara umum, susu sapi diketahui mengandung banyak sekali protein. Namun dari keseluruhan proteinnya, 80% merupakan protein kasein dengan beta-kasein, yang mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. 

Beta-kasein diperlukan tubuh untuk membantu pertumbuhan massa otot, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempercepat perkembangan sistem pencernaan pada bayi.

Beta-kasein sendiri terbagi menjadi 2 jenis , yaitu  Beta-kasein A1, yang sering dikaitkan dengan munculnya gejala gangguan pencernaan terkait susu sapi, seperti alergi susu sapi, intoleransi laktosa, sakit perut, perut bergas, eneg/mual, kembung, serta diare.

Kemudian Beta-kasein A2, yang diyakini aman bagi pencernaan dan mudah diserap oleh tubuh. Itu sebabnya banyak yang beralih mengonsumsi susu dari sapi A2.

Dua jenis beta-kasein tersebut, akan diolah secara berbeda ketika dikonsumsi oleh manusia. Alat pencernaan manusia akan memecahnya, dengan tujuan agar mudah diserap oleh tubuh. 

Susu sapi yang memiliki kandungan protein A1 akan dipecah menjadi senyawa protein yang disebut dengan beta-casomorphin-7 (BCM-7). Senyawa inilah yang kerap menyebabkan gangguan pencernaan atau gejala yang serupa dengan alergi susu atau intoleransi laktosa, seperti sakit perut, kembung, perut bergas, dan diare.

Sementara untuk susu dari sapi A2 tidak akan dipecah menjadi BCM-7, sehingga dinilai lebih aman untuk sistem pencernaan. Beberapa laporan  juga menunjukkan bahwa susu dari sapi A2 lebih jarang menyebabkan gangguan pencernaan dibandingkan susu biasa, meski hal ini belum dapat dijelaskan dengan bukti ilmiah yang akurat.

Walaupun kebutuhan akan susu sapi A2 meningkat, ternyata tidak mudah diproduksi.  Untuk mendapatkan susu dari sapi A2 yang berkualitas, diperlukan serangkaian penyeleksian sapi dengan menggunakan tes DNA. 

Dan di Indonesia, tak banyak yang bisa melakukannya. Disadur dari kumparan.com, kini ada satu peternakan yang memelihara sapi A2 yaitu yang dimiliki oleh PT ABC Kogen Dairy.

Perusahaan ini memproduksi susu sapi A2 dalam kemasan dengan merk KIN Fresh Milk. Seluruh sapi yang dipelihara di peternakan ini telah menjalani proses pemeriksaan ketat, dimulai dari kualitas kesehatan, kondisi hidup, hingga pemeriksaan DNA nya.

Sumber:

  • alodokter.com 
  • kumparan.com

Baca juga: Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Cara Membuat Dendeng Sapi Ala Rumahan

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Mari Menjaga Kebugaran Jasmani Dengan Mengkonsumsi Susu Sapi

Pastinya anda semua sudah tahu bukan jika didalam susu sapi ada banyak sekali manfaat dan khasiat yang tentunya sangat bermanfaat sekali dalam menjaga kesehatan serta kebugaran jasmani. Salah satu manfaat dari susu sapi ini ialah bisa mencegah terjadinya osteoporosis, melindungi kesehatan gigi, meningkatakan kinerja pada otak besar dan bisa menjadikan pembuluh darah lebih sehat. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Sapi Jenis Hereford Ternyata Juga Butuh Aplikasi Cari Temen Kencan

Mencari pasangan yang cocok dan sesuai memang tidak mudah. Walaupun punya pergaulan luas, belum tentu bisa mendapatkannya. Hal tersebut membuat orang melirik ke dunia maya. Di era digital seperti sekarang ini, menemukan jodoh bisa dilakukan melalui ponsel pintar plus akses internet. Salah satunya adalah dengan bantuan aplikasi seperti Tinder yang disebut sebagai aplikasi cari teman kencan yang paling terkenal dan paling banyak digunakan. Baca selengkapnya...