RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Sapi Jabres, Sangat Menguntungkan Untuk Dibudidayakan

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat sapi lokal yang disebut Jabres. Jabres adalah singkatan dar kata 'Jawa' dan  'Brebes'. Sapi jabres diduga merupakan hasil persilangan antara sapi madura atau sapi bali dengan sapi lokal atau ongole. Sapi ini berkembang dengan baik di daerah dataran tinggi Kabupaten Brebes bagian selatan.

Ukuran badannya memang lebih kecil jika dibanding sapi jenis Simental atau  BX. Bobot hidup sapi Jabres betina dewasa sebesar 230-260 kg saja . Sedangkan yang berjenis kelamin jantan, bobotnya lebih berat, yakni 280-350 kg. 

Secara fisik, sapi ini terlihat  kurang 'menjual', sapi ini sebenarnya lebih menguntungkan jika dibudidayakan oleh peternak tradisional, karena punya kemampuan tinggi untuk beradaptasi dengan lingkungan serta mampu memanfaatkan pakan yang berkualitas rendah, bahkan dalam keadaan paceklik pakan dan minim air seperti saat kemarau.

Dengan kondisi seperti itu pun,  sapi jabres tetap bisa tumbuh dan mempunyai daya reproduksi yang baik, bisa beranak 13 kali selama hidup. Sementara jenis sapi lain di bawah 10 kali. Struktur dagingnya juga padat dengan sedikit lemak, kulit bagus. Meski ukuran badannya tidak sebesar sapi impor, prosentase  karkas (bobot sapi tanpa kepala, kaki dan jeroan) hampir sama, yakni 45-50 persen dari berat hidup. Risiko kematian Sapi jabres  ini juga  kecil dan tahan (resisten) terhadap serangga.

 

Ciri - ciri Sapi jabres

  • Warna bervariasi dari coklat, coklat keputihan, putih, coklat kehitaman dan hitam, yang jantan biasanya coklat kehitaman sampai hitam dan yang betina umumnya coklat.
  • Pada umumnya tidak berpunuk
  • Bentuk tubuh ramping dan padat, struktur dagingnya padat
  • Ciri khusus yang membedakan dengan jenis sapi lain adalah pantat dan kaki belakang berwarna putih, adanya garis hitam mulai dari punggung sampai ekor.

Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya,  sangat disayangkan jika  sapi lokal hasil persilangan ini belum banyak dikenal di kalangan peternak sapi di Indonesia.

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Brebes secara terus-menerus berupaya menjaga, melestarikan dan sekaligus mengembangkannya. Karena berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2842/Kpts/LB.430/8/2012 tanggal 13 Agustus 2012, Sapi Jabres dinyatakan sebagai salah satu rumpun sapi lokal, dan kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia, harus dilindungi dan dilestarikan.

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

The Tradition of "Sapi Gerumbungan" Buleleng Bali Indonesia

What is Sapi Gerumbungan Buleleng Bali Indonesia? Bali is very popular island both in Indonesia and all over the world. Everybody knows Bali. Every Indonesian has a dream to visit Bali andenjoy its beauty. The people around the world will never satisfy if they have a chance to visit Indonesia, but not visiting Bali. Bali is even more popular than Indonesia itself. As an Island which has become the main tourist destination by people all around the world, Bali has many to offer its visitors. Baca selengkapnya...

Apakah Sari Roti Tawar Coklat Bermanfaat Bagi Peternak Sapi ?

Berdasarkan penelitian para ahli, Sari Roti tawar coklat afkir merupakan sumber nutrisi yang masih bisa dimanfaatkan. Roti pada umumnya adalah produk makanan yang terbuat dari tepung terigu, yang diolah melalui proses fermentasi dengan menggunakan campuran ragi (Saccharomyces cerevisiae), air dan atau tanpa penambahan bahan makanan lain kemudian di panggang. Baca selengkapnya...

Wajah Putih Alami Berkat Masker Dari Olahan Susu Sapi

Masker Kefir, saat ini sedang booming karena konon kabarnya merupakan salah satu tips kecantikan wajah putih alami. Masker kefir dibuat dari endapan fermentasi susu sapi atau susu kambing. Kandungan asam amino dan lactobacillus yang ada didalamnya ditengarai sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Baca selengkapnya...

Memasak Susu Sapi Murni Agar Tidak Pecah, Ternyata Ada Triknya

Buah hati kita yang masih bayi seringkali harus diberikan susu untuk mencukupi nutrisinya dan menjaga tumbuh kembangnya. Namun, seringkali memang kita sudah menyediakan susu namun terlambat disajikan untuk si kecil karena berbagai alasan seperti misalnya si kecil yang sudah terlanjur tertidur. Untuk hal ini banyak orang tua yang kemudian memutuskan untuk memanaskan kembali susu sapi namun takut apabila susu tersebut menjadi pecah. Belum lagi bayang bayang bahwa susu sapi akan rusak apabila… Baca selengkapnya...