RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Selaput Jantung Sapi, Obat Untuk Percepat Penyembuhan Luka

Perikardium adalah membran yang menyelimuti jantung baik pada manusia ataupun hewan seperti sapi.  Fungsi utama dari perikardium adalah  melindungi jantung, dan memungkinkan gerakan permukaan jantung.

Perikardium berupa jaringan berdinding ganda, yang terdiri dari lapisan luar yang berserat (perikardium parietal) dan lapisan dalam berupa membran serosa (perikardium viscereal).

Bagian luar perikardium, yaitu perikardium parietal, bersifat tebal dan kuat. Bagian ini melekat pada otot diafragma. Bagian ini melekat agak longgar pada jantung.

Bagian dalam perikardium, yaitu perikardium viscereal, bersifat melekat rapat pada jantung. Diantara kedua lapisan perikardium ini terdapat cairan perikardial. Cairan ini berfungsi sebagai semacam pelumas yang memungkinkan gerakan jantung saat berdetak.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Riset dan Teknologi Aplikasi Isotop dan Radiasi,sejak lama telah meneliti membran perikardium dari selaput pembungkus jantung sapi, sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Selaput Jantung Sapi Obat Untuk Percepat Penyembuhan Luka 2Metode produksi yang digunakan dalam riset terbukti efektif, sehingga membuahkan kerja sama lisensi paten, sehingga akan segera akan menembus fase komersial.

Menurut penelitinya, Basril Abas, membran perikardium yang digunakan berasal dari selaput pembungkus jantung sapi dengan kandungan kolagen yang tinggi. Kolagen merupakan senyawa yang banyak terdapat dalam tubuh sehingga biokompatibilitasnya pada jaringan host sangat tinggi dan juga kemampuannya dalam mempercepat penyembuhan luka.

Membran perikardium sangat baik untuk Guided Tissue/Bone Regeneration (GTR/GBR) pada aplikasi di bidang dental. Bahan tersebut sensitif terhadap suhu, sehingga untuk mensterilkannya digunakan teknik radiasi dengan sinar gamma atau berkas elektron.

Kerja sama untuk lisensi hak paten penelitian, dilakukan olah BRIN, bekerjasama  dengan PT Focustindo Cemerlang, perusahaan yang bergerak dalam bidang alat kesehatan dan layanan kesehatan ke rumah.

PT Focustindo akan memproduksi Membran Perikardium Iradiasi, menggunakan paten teknologi Proses Pembuatan Membran Perikardium Iradiasi dan Proses Pembuatan Graf Tulang Demineralisasi Steril Radiasi tersebut.

kemudian dipasarkan kepada masyarakat, melalui jaringan distribusi yang dimilikinya. Perjanjian lisensi ditandatangani oleh Pelaksana tugas Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN,  dan Direktur Utama PT Focustindo Cemerlang, selama 10 tahun.

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Sama Seperti Manusia, Sapi Wagyu A5 Harus Dipakaikan Jaket Ketika Cuaca Dingin

Daging sapi wagyu A5 ini memang spesial dibanding daging lain, hingga membuat Chef Arnold Purnomo harus menggunakan tisu ketika memotongnya, untuk menghindari supaya lemaknya yang lezat tidak lumer. Wagyu berasal dari gabung dua kata Jepang yakni ‘Wa’ yang berarti Jepang dan ‘Gyu’ yang berarti daging sapi. Sedangkan A5 yang disematkan setelah kata Wagyu adalah nilai dari daging sapi tersebut. Baca selengkapnya...

Harga Jeroan Sapi Cukup Mahal, Jangan Sampai Mubasir Karena Salah Mengolah

Meski bukan produk utama, harga jeroan sapi terus meningkat seiring dengan semakin mahalnya harga sapi. Sayangnya, tak semua orang bisa mengolah jeroan sapi menjadi kuliner yang enak. Jika tidak diolah dengan baik, aroma jeroan sangat menyengat dan membuat mual, sehingga berakhir di tempat sampah. Baca selengkapnya...

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan… Baca selengkapnya...

Keramas Pakai Air Kencing Sapi, Demi Warna Rambut Pirang Keemasan Alami

Beberapa orang Suku Mundari dari Sudan Selatan, berpostur tinggi besar dan berkulit hitam, dan memiliki rambut pirang. Apakah mereka mengecat rambut? Ternyata tidak, warna rambut pirang keemasan didapat dengan cara membasuh kepala mereka dengan urin sapi. Baca selengkapnya...