RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Teknologi Kandang Terapung Untuk Sapi Perah

Minke van Wingerden, seorang pengusaha dari Belanda, memiliki ide yang agak tidak biasa. Ia tertarik untuk mengembangkan teknologi di bidang peternakan berupa kandang yang mengapung di sungai. Uniknya gagasannya didapat setelah mengalami musibah yang luar biasa. Pada tahun 2012, Minke bersama rekannya yang sedang mengerjakan proyek di New York, dihantam badai Sandy yang mengakibatkan banjir besar. Selama 2 hari, mereka tidak mendapatkan makanan segar karena jalur transportasinya terputus.

Dari situlah Minke mulai berpikir untuk memproduksi makanan sehat diatas air. Menurutnya, jumlah lahan yang subur sudah berkurang, sedangkan populasi dunia terus bertambah. Kemudian 70% dari dunia adalah air, mengapa kita tidak mencoba menghasilkan makanan sehat yang cukup di masa depan, dengan menmanfaatkan perairan.

Kini ia sedang menguji sebuah peternakan yang berisi 32 ekor sapi perah di perairan dekat kota Schiedam. Lokasi tersebut adalah sebuah pelabuhan seluas 105 kilometer persegi, yang dilewati kapal-kapal kontainer dari seluruh dunia, sehingga dapat dikatakan sebagai jantung salah satu kawasan industri urban di dunia, yang jauh dari ladang hijau seperti peternakan konvensional.

Peternakan terapung ini dilengkapi dengan teknologi peternakan terbaru seperti sistem pemberian makan otomatis, robot penyapu kotoran, stasiun pembersihan mandiri, dan aplikasi smartphone yang digunakan untuk memonitor sapinya. Unit pengolahan susu dan pupuk kandang terletak di dek bawah, atap kandang digunakan untuk menampung air hujan. Daya listrik untuk peternakan berasal dari panel surya yang mengambang di dekatnya. Padang rumput yang terletak sisi dermaga memberi kesempatan pada hewan untuk berada di tanah kering.

Peternakan terapung ini juga memiliki teknologi pengolahan limbah yang memisahkan bahan kering dari urin, agar dapat digunakan sebagai alas untuk sapi. Sedangkan cairan urin diubah menjadi pupuk organik.

Kini, peternakan sapi terapung ini sudah bisa melayani pengunjung yang ingin membeli secara offline maupun online, produk-produk seperti: susu segar, susu pasteurisasi, atau yoghurt.

Sumber: tempo.co

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Heboh Fenomena Anakan Sapi dengan Indera Penglihatan dan Penciuman Ganda

Pada beberapa waktu lalu pasutri asal Jombang, Slamet (30) dan Misni (31) dikejutkan dengan kelahiran seekor anakan sapi milik mereka yang lahir dengan kondisi tak lazim. Apabila diperhatikan sekilas memang tidak ada yang aneh dengan organ pernafasan anak sapi berwarna hitam putih tersebut. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, terdapat 4 lubang pada bagian hidungnya. Baca selengkapnya...

Qurbani For Hajj Business for Muslim Market: 5 Guides for Expanding Your Cattle Farming

A Large Number of the Muslim Market Will Upscale Your Cattle Business to a Higher Level. Every year all of Muslims in the world celebrate the Eid al Adha. It's the day when Muslims who can afford qurbani for hajj animal to sacrifice and give it to others. Only some kind of animals that allowed to be Qurbani. They are goats, sheep, cows, buffalos, bulls, or camels. This post will explain about the profitable business aspect of cattle farming for the big Muslims market. Baca selengkapnya...

Hedi dan Gianjar, Seniman Barbeque Daging Sapi Ala BBQ Mountain Boys

Siapa pun anda, pasti tergiur jika melihat daging sapi barbeque. Bahan barbeque memang menjadi salah satu bumbu masakan yang membuat rasa bahan makanan lebih gurih dan lezat. Sehingga daging sapi barbeque atau berbagai jenis olahan barbeque lain sangat disukai. Namun tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan barbeque? Baca selengkapnya...