RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Jersey Adalah Salah Satu Jenis Sapi Penghasil Susu Untuk Membuat Greenfields Yogurt

Yogurt atau biasa ditulis juga sebagai yoghurt, adalah minuman hasil fermentasi oleh bakteri yang disebut sebagai kultur yogurt. Yang difermentasi adalah gula alami terkandung didalam susu, hasilnya adalah asam laktat. Zat inilah yang membuat protein susu mengental dengan tekstur dan aroma serta rasa yang unik. Yogurt dapat dibuat dari segala jenis susu, termasuk susu kedelai. Akan tetapi yang paling populer adalah Yogurt dari susu sapi.

Salah satu produsen Yogurt adalah PT. Greenfields Indonesia. Produknya terkenal karena rasanya yang enak juga bergizi tinggi. Tidak perlu heran, karena bahan baku untuk membuat Greenfields Yogurt berasal dari peternakan seluas 50 hektar yang berlokasi di Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dengan ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Kemudian diolah oleh pabrik di lokasi yang sama, dengan sistem pasteurisasi menggunakan Ultra High Temperature (UHT) teknologi terbaru.

Susu segar sebagai bahan baku Greenfields Yogurt dihasilkan dari 2 jenis sapi yaitu Holstein dan Jersey. Untuk jenis sapi Holstein pasti sudah banyak yang tau. Bagaimana dengan sapi Jersey? Apa yang tercetus di benak Anda saat mendengar kata ‘jersey’? Mungkin Anda akan ingat daerah New Jersey di Amerika Serikat atau kaos olah raga untuk para atlet, seperti pemain sepak bola atau baseball? Mohon maaf, bukan itu yang dimaksud.

Jersey adalah jenis sapi yang diberi nama sesuai dengan asalnya yaitu dari Pulau Jersey, sebuah pulau di selat Channel yang berada di perbatasan wilayah Prancis dan Inggris. Karakteristik sapi ini adalah warna kulitnya cokelat muda, atau berkisar antara abu-abu hingga hitam pekat (mulberry), dan ada kalanya memiliki corak putih. Kemudian hidungnya berwarna hitam dengan moncong cenderung putih.

Namun beberapa ahli yang menelitinya meyakini bahwa nenek moyang sapi Jersey berasal dari Asia, dan masih berkaitan dengan Bos brachyceros yang bermigrasi ke Eropa serta Afrika Utara hingga sampai di Swiss dan Prancis.

Di Prancis, Bos brachyceros dikawinkan dengan sekumpulan Bos primigenius untuk menghasilkan keturunan baru. Ketika Pulau Jersey bergabung dengan Prancis, sapi dari Normandia dan Brittany dibawa masuk ke Pulau Jersey dan beranakpinak menjadi sapi Jersey modern. Untuk selanjutnya menyebar ke wilayah-wilayah sebagai berikut: 

  • Tahun 1741, sapi Jersey masuk ke Inggris, dulu lebih dikenal sebagai sapi Alderney.
  • Tahun 1860,  mulai beredar di Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan, hingga Selandia Baru.
  • Kini, Jersey adalah sapi perah dengan populasi terbesar kedua di dunia

 

Sapi Jersey sangat populer karena memiliki beberapa keunggulan, antara lain: 

  • Mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi iklim, lingkungan, dan pengelolaan.
  • Biaya perawatannya tidak mahal namun  dapat memproduksi susu dengan jumlah berlimpah. Produksi susunya bisa mencapai 4000 liter untuk sekali laktasi. Tidak heran bila sapi ini termasuk favorit di kalangan peternak yang menargetkan produksi susu dalam jumlah besar, seperti perusahaan yang membuat Greenfields Yogurt.
  • Kandungan lemak, protein, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang terdapat didalam susu yang dihasilkan cukup tinggi.
  • Lebih cepat dewasa daripada ras-ras sapi perah lainnya. Jadi, bila peternak membutuhkan produksi susu dalam waktu cepat dan jumlah banyak, memelihara sapi perah Jersey merupakan pilihan yang baik sebagai investasi cepat.
  • Kombinasi kaki yang kuat dengan tubuh yang relatif ringan, membuat sapi Jersey cukup kokoh maksudnya tidak  mudah ambruk.
  • Lebih tahan terhadap serangan penyakit mastitis
  • Meski tubuhnya relatif paling kecil, jangan remehkan tenaga sapi perah Jersey, terutama bila suasana hati mereka sedang tidak bagus. Jadi, jangan harap bisa menjinakkan mereka dengan mudah. Makanya, banyak yang lebih memilih mengurung sapi-sapi ras ini di dalam kandang sapi dan jarang menggembalakan mereka, kecuali peternak yang sudah benar-benar ahli dan berstamina tinggi.
  • Karena termasuk moody, hati-hati bila mendekati sapi perah Jersey, terutama saat musim kawin atau sedang hamil. Sudah lihat tanduk pada sapi Jersey jantan? Sekalinya merasa terganggu, meski dengan kehadiran Anda tidak bermaksud apa-apa, sebaiknya segeralah mengambil langkah seribu. Anda pasti tidak ingin diseruduk seperti matador amatiran bukan?

Begitulah ciri-ciri sapi perah Jersey, salah satu alternatif investasi cepat di bidang ternak sapi untuk menghasilkan susu yang diolah menjadi Greenfields Yogurt. Tertarik untuk mengembangbiakkannya?

Baca juga: Meraih Peluang Usaha Dengan Budidaya Ternak Sapi Bali Jantan Super

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

Perbandingan Harga Sapi Limosin dan Simental, Mana Yang Lebih Mahal?

Di Indonesia dikenal banyak jenis sapi, mulai dari sapi kupang, sapi Madura, sapi Bali , sapi Brahman , sapi Simental hingga yang paling bongsor adalah sapi Limosin. Masing-masing sapi memiliki karakteristik berbeda dan tentu saja, harganya pun juga berbeda. Dua sapi yang disebut belakangan, yaitu simental dan limosin termasuk sapi primadona. Tubuhnya yang gempal dan bongsor menjadikan kedua jenis sapi itu ‘menggoda’ di mata para pemburu hewan kurban atau pun untuk disembelih diambil dagingnya. Baca selengkapnya...

Susah Melahirkan Akibat Broyong, Seekor Sapi Harus Jalani Operasi Caesar

Broyong atau dalam bahasa ilmiahnya Prolapsus uteri, adalah sebuah kondisi dimana rahim (uterus) ternak betina keluar dari tubuh (pembalikan uterus) pada saat ternak betina tersebut merejan. Kondisi ini akan selalu berulang kecuali dengan penanganan yang cermat. Pada beberapa kasus broyong, mukosa uterus keluar dari badan melalui vagina secara total, ada pula yang hanya sebagian. Akibat broyong, seekor sapi di Purwakarta dengan tinggi 120 sentimeter dengan bobot kehamilan mencapai 330 kilogram… Baca selengkapnya...

T-Bone Steak Adalah Olahan Daging Sapi Yang Terkenal Kelezatannya, Begini Cara Membuatnya...

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T Bone steak adalah salah satu jenis olahan daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T. Baca selengkapnya...

Koyor Sapi, Penambah Kenikmatan Gudeg Ala Semarang

Warga Semarang punya makanan enak, yang biasa dimakan bareng gudeg khas jogya, yaitu koyor sapi. Koyor adalah bagian dari urat sapi, yang tidak memiliki bagian tebal dan tulang seperti kikil. Koyor diambil dari lutut sapi, sementara kikil berasal dari tulang rawan di kaki sapi. Kemudian dimasak dengan aneka rempah dan santan, hingga tercipta rasa gurih agak pedas khas kuliner Semarang. Ketika disantap dengan gudeg yang dominan manis, pastinya akan lebih menggugah selera. Baca selengkapnya...