RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Ukuran Tubuh Sapi Aceh Kian Lama Kian mengecil, Apa Apa Penyebabnya?

Berdasarkan informasi dari Dinas Peternakan ( Disnak) Aceh, penyebab utamanya adalah inbreeding atau disebut juga perkawinan sekerabat, yaitu perkawinan organisme yang terkait erat dalam kekerabatan. Menurut bbc.com, inbreeding berawal dari tikus yang digunakan dalam percobaan laboratorium, yang  sering dikawinkan secara sedarah, karena struktur genetik yang sama memungkinkan percobaan untuk diulang.

Mengontrol hasil menjadi motivasi untuk perkawinan sekerabat dalam industri pertanian. Misalnya sapi dikawinkan sedarah untuk meningkatkan hasil susu dan domba dipilih secara hati-hati untuk menghasilkan lebih banyak wol.

Namun ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan tertentu yang dikawinkan sedarah dapat memiliki lebih banyak dampak negatif daripada yang positif. Ilmuwan memperingatkan bahwa dua populasi koala terbesar di Australia dapat lenyap hanya dengan satu penyakit, karena mereka begitu sering dikawinkan sedarah.

Sebuah penelitian, yang dipimpin oleh Dr. David Balding, meneliti perkawinan sedarah pada anjing ras murni. Sebagaimana hewan yang dibesarkan untuk keperluan pertanian, sifat-sifat tertentu didorong untuk muncul. Seperti pada anjing-anjing ras murni, untuk meningkatkan kualitas bulunya.

Studi ini menemukan bahwa sebagian besar anjing ras murni tersebut menderita masalah yang disebabkan oleh alel resesif, seperti penyakit jantung, tuli dan perkembangan sendi pinggul yang abnormal.  Masalahnya  dari  20.000 anjing boxer ras murni hanya punya variasi generik sekitar 70 anjing.

Namun, Inses ternyata tidak sepenuhnya akibat perbuatan manusia, namun merupakan bagian dari siklus hidup beberapa hewan. Sebagai contoh adalah yang terjadi pada Pola reproduksi Pyemotes boylei, sejenis tungau.

Induk tungau menyimpan telurnya di dalam badannya sampai mencapai kedewasaan dan yang pertama yang menetas adalah jantan. dan segera setelah betina menetas, para saudara jantan ini pun menghamili mereka.

Kumpulan gen terbatas dalam suatu spesies, tentu saja, memiliki dampak negatif. Ini dikenal sebagai Inbreeding Depression (Depresi Perkawinan Sedarah) dan mengacu pada penurunan populasi karena kurangnya pasangan yang sehat, seperti yang terjadi pada sapi aceh.

Solusi masalah ini sebenarnya sederhana. Seperti ular beracun di Swedia, yang terisolasi,  banyak yang lahir dalam keadaan mati. Kalaupun hidup, mayoritas  menderita cacat bawaan. Begitu ditambahkan ular baru, populasi mereka berkembang.

Ini disebut kawin silang, dan tampaknya menjadi solusi sementara ini, meskipun ada pula kekurangannya.

Kembali kepada sapi Aceh, demi pengembangannya yang secara teknis sesuai dengan tingkat kosumtif masyarakat di Aceh. Dinas Peternakan ( Disnak) Aceh akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Songkhla, Thailand Selatan akan mengembangkan teknologi insemination dan incubator Station pada sapi Aceh.

Hasilnya akan sangat bermanfat karena bisa menungkatkan ukuran fisik sapi sehingga bisa menghasilkan  daging menjadi lebih banyak. Otomotis harganya juga meningkat.

Selain itu, sapi Aceh diharapkan bisa menembus pasar mancanegara seperti Saudi Arabia yang setiap tahunnya membutuhkan sapi untuk qurban.

  • 165

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Tips Aman Membeli Daging Sapi, Pilih yang Digantung

Meningkatnya permintaan daging sapi jelang Ramadan, terkadang dimanfaatkan oknum untuk menjual daging sapi gelonggongan. Daging sapi glonggongan adalah daging yang di peroleh dari sapi yang sebelum disembelih di beri minum air sebanyak-banyaknya, dengan maksud menambah bobot daging sapi tersebut, sehingga keuntungan dari si penjual bisa bertambah. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Benarkah Susu Sapi Bisa Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Manusia?

Memang bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika susu sapi merupakan jenis asupan yang tidak hanya lezat, namun juga sehat dan bergizi. Selain bermanfaat bagi hewan yang memproduksinya, kandungan susu sapi ternyata juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Namun demikian, seberapa besar peran dari susu sapi ini dalam menjaga kesehatan serta mencukupi kebutuhan nutrisi kita? Bisakah susu sapi menggantikan peran makanan pokok sehari-hari guna melengkapi keperluan gizi harian? Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Inilah Sapi Kelas Atas Dengan Perbedaan Pada Perlakuan, Jenis Makanan Hingga Tugas Yang Diberikan

Anda pasti pernah mendengar atau bahkan sudah pernah mencicipi makanan enak jenis steak wagyu yang harganya mahal. Tentu, Anda bertanya-tanya apa yang membuat steak itu selangit harganya. Ya, salah satu faktornya lantaran daging steak wagyu dibuat dari sapi dengan perlakuan perawatan ekstra. Seperti apa perawatan super sapi itu? Berikut ulasannya. Baca selengkapnya...