RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Cara Menjinakkan Sapi

Kegiatan menunggang sapi atau gerobak sapi di Desa Bengking menjadi salah satu cara memanfaatkan potensi pertanian dan pariwisata daerah. Pendapatannya memang cukup menggiurkan. Tarif menunggangi sapi senilai Rp50.000 per orang. Sedangkan tarif gerobak sapi ukuran besar senilai Rp250.0000. Gerobak besar bisa ditumpangi 10-12 orang dewasa atau 15-20 anak-anak. Menurut keterangan salah satu peternak sapi di Desa Bengking, yaitu Yanto alias Mas Petruk, untuk dapat menggunakan sapi sebagai hewan tunggangan ada beberapa tips untuk peternak yang harus diperhatikan yaitu:

Pilih jenis sapi jenis sapi yang mudah dijinakkan. Salah satunya adalah sapi peranakan ongole (PO). Berdasarkan pengalamannya bertahun-tahun, ia selalu bisa menjinakkan sapi PO dalam rentang dua hingga tiga hari saja. Selain tenaga kuat, postur sapi PO juga lebih bagus dibandingkan sapi jenis lain. Harga jualnya juga lebih mahal. Berdasarkan pengalamannya bertahun-tahun pelihara sapi , ia selalu bisa menjinakkan sapi PO hanya dalam rentang dua hingga tiga hari saja.

Hal terpenting dalam menjinakkan sapi, yakni cara menagani sapi yaitu  menyayanginya  sebagai sesama mahluk hidup.  Contohnya harus dielus-elus, kemudian sering diajak jalan.

Yang agak repot adalah menangani sapi jenis Brahman Cross. Sapi Brahman cross memiliki sifat yang berbeda dengan kebanyakan sapi lokal seperti jeni PO yang banyak dipelihara peternak lokal di pedesaan.Sapi jenis ini terbiasa hidup secara koloni di negara asalnya. Jika salah dalam penanganan, sapi brahman cross bisa stress bahkan ngamuk hingga loncat dan lari keluar kandang.

Jika sapi sudah terlanjur stress, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah biarkan sapi tersebut tenang terlebih dahulu. Setelah sapi tenang, buka jalur ke dalam kandang dan biarkan 2-3 ekor sapi sapi keluar kandang. Lalu giring sapi yang stress tersebut kedalam jalur yang sudah ada sapinya.

Biasanya sapi akan langsung bergerak menuju ke sapi-sapi lain yang ada dalam jalur. Setelah masuk ke jalur, tutup pintu jalur dan giring sapi secara bersamaan kedalam kandang.

 

Tips Menggiring Sapi Brahman Cross

  1. Cara paling mudah menggiring sapi brahman adalah dalam jumlah lebih dari 1 untuk menghindari sapi stress.
  2. Tempatkan satu orang penggiring didepan sebagai "komandan" yang bertugas mengamankan jalur yang akan dilalui koloni sapi dan satu orang lagi di belakang sebagai penutup..
  3. Usahakan jumlah sapi yang digiring jangan terlalu banyak, maksimal 20 an ekor
  4. Giring dan  jalan secara normal, tidak perlu sambil berlari. Tujuannya agar sapi tidak stress dan tidak mengalami susut yang terlalu banyak.

 

Cara Mengatasi Sapi Brahman Cross Yang Sulit Dikeluarkan Dari Kandang

  • Pertama, kedalam kandang yang berisi sapi yang tidak mau keluar, masukkan beberapa ekor sapi lain. Kemudian giring keluar secara bersamaan. Jika sapi tidak mau keluar juga bahkan cenderung menyerang petugas yang menggiringny maka gunakan cara kedua.
  • Kedua, ambil terpal dengan panjang sekitar 3 - 4 meter, pegang ujungnya oleh dua orang dengan posisi diberdirikan sehingga seolah-olah seperti tembok. Gunakan tembok terpal ini untuk menggiring sapi secara perlahan-lahan. Umumnya cara ini sering berhasil karena dengan menggunakan terpal yang lebar maka sapi akan menganggap bahwa ada tembok didepannya sehingga dia akan mencari jalan lain dan tentunya yang dituju adalah jalan keluar kandang.

Kunci utama mengeluarkan sapi stress dari kandang adalah tidak boleh dikasari dan harus dengan cara natural tidak menggunakan pemukul maupun alat-alat yang bisa menyakiti ternak. Semakin disakiti dan dikasari sapi brahman cross yang stress akan semakin stress dan semakin sulit diatasi.

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

Jangan Sampai Usaha Ternak Sapi Merugi Akibat Cacingan, Ini Solusinya

"Rugi" sebuah istilah yang tentunya tidak ingin dirasakan oleh peternak sapi. Rugi tidak selalu tentang uang tetapi juga barang, waktu, dan tenaga. Yang dimaksud dengan "rugi" adalah sebuah kondisi dimana seseorang tidak mendapatkan sesuai dengan apa yang sudah dikorbankan. Definisi KBBI, yang disebut rugi adalah adalah kurang dari harga beli atau modal, tidak mendapat laba atau manfaat, atau sesuatu yang tidak menguntungkan. Baca selengkapnya...

Peternak di Gresik Beri Ramuan Khusus Agar Sapi Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku

Selain rutin membersihkan kotoran di kandang, baik kotoran padat maupun cair, peternak tersebut juga memberikan pengasapan kecil atau bediang di sekitar area kandang sapi. Dan untuk mencegah lalat menempel pada kaki sapi, disemprotkan sedikit cairan solar.Untuk mencegah sapi terserang penyakit juga diberikan ramuan yang dicampurkan pada pakan, Racikannya diperoleh turun temurun menggunakan bahan2 yang mudah didapat sesuai kebutuhan, antara lain Kunir dan bawang putih. Baca selengkapnya...

Dengan Seleksi Bibit Sapi, Selain Meningkatkan Laba Usaha Peternak Juga Membantu Menyiapkan Protein Hewani Untuk MPASI Berkualitas

Putera atau puteri anda sudah berumur 6 bulan? Saatnya memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang mengandung protein untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Sumber protein ada dua jenis protein hewani dan nabati. Artikel ini akan membahas sumber protein hewani untuk MPASI, dalam hubungannya dengan seleksi bibit sapi. Baca selengkapnya...

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind. Baca selengkapnya...