Cara Memasak Daging Has Dalam (Tenderloin) Untuk Memaksimalkan Cita Rasanya

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini mungkin akan sangat disukai dan ditunggu karena akan membahas mengenai tenderloin atau daging has dalam sapi. Daging jenis ini letaknya di bawah bagian rusuk dan tulang belakang yang memang jarang aktif bergerak dan digunakan oleh sapi. Karena itulah, daging ini sangat empuk, memiliki rasa lezat dan juicy.

Meskipun tergolong mudah sekali diolah, ada beberapa trik yang bisa anda gunakan agar kelezatan daging has dapat dinikmati secara maksimal.

 

1. Usahakan Membeli Daging Has Dalam dengan label ‘prime’ atau ‘choice’

Apabila anda memang menginginkan daging dengan kualitas nomor satu, anda bisa membeli tenderloin dengan label ‘choice’ atau ‘prime’. Biasanya daging ini memang merupakan daging pilihan, dengan tingkat kesegaran dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Kemudian, anda juga harus menentukan ingin membeli daging yang sudah dikupas atau tidak. Daging has yang sudah dikupas maksudnya adalah sudah dibersihkan dari lemak yang menempel namun masih memiliki kulit keperakan. Kulit keperakan ini biasanya akan membuat daging has agak sedikit alot.

 

2. Bersihkan Daging Has Dalam Dengan Benar

Tips dan trik mengolah daging has ini selanjutnya adalah dengan membersihkannya. Apabila anda tak ingin repot, maka anda bisa memilih daging sapi yang sudah dikupas sehingga anda tak perlu membersihkannya lagi. Namun, apabila daging seperti ini tak tersedia, anda bisa membeli tenderloin biasa. Kemudian hilangkan bagian selaput yang menutupi sisi daging karena biasanya bagian ini terasa alot. Setelah selesai membersihkan daging has, anda bisa memasukkannya ke dalam freezer untuk dibekukan, atau dicuci dengan air jika ingin langsung diolah.

 

3. Menepuk atau Memukul Mukul Daging Has Dalam sebelum diolah

Ada satu lagi tips dan trik mengolah daging has agar lebih empuk dan bumbu bisa meresap dengan baik. Setelah dibaluri bumbu,, anda bisa menepuk nepuk atau memukulnya dengan menggunakan alat pemukul daging yang kini banyak tersedia di pasaran. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan garpu untuk menusuk-nusuknya. Lakukan pada seluruh bagian daging has sehingga daging akan menjadi lebih empuk dan bumbu juga menjadi lebih mudah untuk meresapke dalam daging yang nantinya akan dimasak.

 

4. Tips Membumbui Daging Has Dalam

Jika bingung mau diolah menjadi masakan apa, daging has tetap lezat walaupun hanya menggunakan bumbu sederhana. Misalnya saja dengan bawang putih, ketumbar, lada, dan garam. Haluskan bahan tersebut dan balurkan pada tenderloin, lalu biarkan atau resting sejenak sebelum dimasak.

Setelah dirasa daging sudah cukup di resting, maka selanjutnya anda bisa langsung memasaknya dengan bumbu bumbu sesuai selera dan keinginan anda. cara memasaknya pun bisa sesuai selera, bisa ditumis, digoreng, pan sheared, oven, grill, atau cara lainnya. Anda juga bisa menentukan sendiri tingkat kematangannya mulai dari matang hingga setengah matang.

Itulah tips dan trik mengolah daging has dalam (tenderloin), jenis daging sapi yang paling mudah diolah menjadi masakan apa saja.

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

T-Bone Steak Adalah Olahan Daging Sapi Yang Terkenal Kelezatannya, Begini Cara Membuatnya...

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T Bone steak adalah salah satu jenis olahan daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T. Baca selengkapnya...

Komponen Apa Saja Yang Harus Ada Pada Catatan Keuangan Bisnis Sapi Perah?

Recording pada bisnis sapi perah adalah pencatatan yang dikerjakan oleh peternak untuk mengetahui gagal atau berhasilnya suatu usaha peternakan. Recording bisa berupa catatan keuangan dan atau catatan lain, yang nantinya digunakan untuk mempermudah membuat keputusan yang tepat untuk program selanjutnya. Baca selengkapnya...

Memilih Lahan Untuk Membuka Usaha Peternakan Sapi

Lahan adalah bagian daratan dari permukaan bumi sebagai suatu lingkungan baik yang meliputi tanah beserta segenap faktor yang mempengaruhi penggunaannya seperti iklim, relief, aspek geologi, dan hidrologi yang terbentuk secara alami maupun akibat pengaruh manusia. Dalam bahasa sehari-hari, orang menyamakan lahan dengan "tanah". Dalam kenyataannya, lahan tidak selalu berupa tanah, karena dapat mencakup pula kolam, rawa, danau, atau bahkan lautan. Baca selengkapnya...

Jangan Anggap Remeh Toponimi Desa Kandangsapi di Kabupaten Sragen, Karena Berhubungan Erat Dengan Sejarah Perjuangan

Toponimi adalah bidang keilmuan dalam linguistik, yang membahas tentang asal-usul penamaan nama tempat, wilayah,[1] atau suatu bagian lain dari permukaan bumi, termasuk yang bersifat alam (sungai, lautan, dan pegunungan) yang buatan (kota, gedung, jalan, jembatan).[2] Toponimi berkaitan dengan bidang etnologi dan kebudayaan. Baca selengkapnya...