Tidak Hanya Sapi, Probiotik Heryaki Juga Bermanfaat Untuk Ayam Broiler .

Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam broiler adalah ransum. Ransum merupakan faktor penting dalam pertumbuhan, selain karena merupakan biaya produksi yang proporsinya paling tinggi, juga akan menentukan  baik tidaknya pertumbuhan ayam broiler yang dipelihara.

Kualitas ransum yang diberikan pada ayam broiler harus mengandung unsur- unsur yang memenuhi kebutuhan untuk hidup pokok, pertumbuhan, kesehatan dan reproduksi seperti energi, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Pengeluaran biaya untuk pakan dapat mencapai 60-70% dari total biaya produksi. Penggunaan bahan pakan lokal menjadi alternatif untuk menekan biaya produksi yang diakibatkan oleh pakan. Bahan pakan lokal yang digunakan tentunya harus memiliki beberapa keunggulan, diantaranya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ternak, murah serta mudah didapat.

Kandungan gizi utama yang berperan penting bagi pertumbuhan ayam pedaging adalah protein, energi (karbohidrat dan lemak), vitamin, mineral serta air.Untuk meningkatkan ketersediaan/kualitas nutrisi pakan biasanya ditambahkan feed additive. Salah satu feed additive pakan yang dapat digunakan untuk mencapai produktivitas ayam broiler yang optimal dan efisien adalah probiotik.

Probiotik merupakan jasad renik nonpatogen yang apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat memberi manfaat bagi kesehatan dan fisiologis tubuh ternak.

Probiotik akan mempengaruhi fungsi fisiologi usus secara langsung maupun secara tidak langsung dengan cara memodulasi mikroflora usus dan sistem imun mukosa terutama mukosa saluran cerna. Penambahan probiotik dalam ransum akan meningkatkan konsumsi ransum, efisiensi penggunaan pakan, pertambahan bobot badan dan mengawetkan bahan pakan.

Banyak produk probiotik yang beredar dipasaran baik dalam bentuk tepung maupun cair, salah satunya yaitu probiotik Heryaki powder. Heryaki powder merupakan probiotik yangdibuat dari campuran dedak, tetes dan probiotik Heryaki cair.

Bakteri yang terkandung di dalam Heryaki Powder yaitu Oceanobacillus sp, Candida Ethanolica, Bacillus Subtilis dan Monascus Fumeus yang telah di uji laboratorium oleh PT. Genetica Science Indonesia (Genetica Lab Division, 2017) serta memiliki enzim protease, amilase dan selulase.

Probiotik Heryaki powder dicampurkan dalam ransum dengan tujuan untuk meningkatkan daya simpan, efisiensi penggunaan pakan, memperbaiki nilai nutrien, dan meningkatkan daya cerna.

Berdasarkan uraian kerangka pemikiran maka dapat ditarik hipotesis sebagai berikut:
"Penambahan tingkat penggunaan probiotik Heryaki sebesar 0,5% dapat menghasilkan Edible dan Inediblepaling baik pada ayam broiler"

Hasil penelitian lengkap dapat dibaca di https://docplayer.info/109021717-Pendahuluan-terhadap-makanan-yang-mengandung-protein-hewani-berdampak-langsung.html

 

Kenali Tingkatan Kualitas dan Ciri Daging Wagyu yang Asli

Wagyu terkenal karena kualitas dan harganya yang mahal. Belakangan semakin banyak bermunculan daging wagyu tiruan yang seolah dengan sengaja mengecoh pembeli. Nah, agar Anda tidak salah beli, sebaiknya mulai kenali tingkatan kualitas dan ciri daging wagyu yang asli. Baca selengkapnya...

Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., Pakar Ternak Yang Banyak Mendapat Piagam Penghargaan Dari Universitas Padjadjaran Bandung

Salah satunya adalah Piagam Penghargaan atas Kemampuan dan Prestasi Akademik, Pengabdian sebagai Dosen dalam Melaksanakan Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Masyarakat Ilmiah, Sehingga Patut Dinyatakan sebagai :”Peserta Karya Ilmiah Terbaik I Kelompok Eksakta Tingkat Universitas Padjadjaran. Sesuai dengan Kputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 9 September 2004 Nomor:1241/J06/Kep/KP/2004. Baca selengkapnya...

Radang Paha, Penyakit Menular Pada Sapi Yang Menjadi Momok Para Peternak

Penyakit ini umumnya menyerang ternak sapi berusia muda pada bagian kaki hingga menderita kelumpuhan. Penyakit yang juga dikenal dengan nama Black Leg ini disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium chauvoei. Bakteri ini tergolong dalam jenis gram positif dan bersifat anaerob. Bakteri Cl.chauvoei dapat membentuk spora sehingga memiliki ketahanan terhadap pengaruh fisik maupun kimiawi. Baca selengkapnya...

Kikil Sapi Bronggalan, Kuliner Yang Sedang Viral

Kikil merupakan salah satu bagian dari sapi yang diambil dari bagian kaki sapi. Kikil banyak terdapat pada bagian pembungkus kaki dan jari-jari. Tekstur dari kikil adalah kenyal berwarna putih transparan. Sebagian kikil masih mengandung sedikit tulang lunak sehingga ketika Anda memakannya ada bagian yang bisa langsung digigit, ada pula yang agak sedikit keras. Baca selengkapnya...