Tidak Hanya Sapi, Probiotik Heryaki Juga Bermanfaat Untuk Ayam Broiler .

Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ayam broiler adalah ransum. Ransum merupakan faktor penting dalam pertumbuhan, selain karena merupakan biaya produksi yang proporsinya paling tinggi, juga akan menentukan  baik tidaknya pertumbuhan ayam broiler yang dipelihara.

Kualitas ransum yang diberikan pada ayam broiler harus mengandung unsur- unsur yang memenuhi kebutuhan untuk hidup pokok, pertumbuhan, kesehatan dan reproduksi seperti energi, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Pengeluaran biaya untuk pakan dapat mencapai 60-70% dari total biaya produksi. Penggunaan bahan pakan lokal menjadi alternatif untuk menekan biaya produksi yang diakibatkan oleh pakan. Bahan pakan lokal yang digunakan tentunya harus memiliki beberapa keunggulan, diantaranya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ternak, murah serta mudah didapat.

Kandungan gizi utama yang berperan penting bagi pertumbuhan ayam pedaging adalah protein, energi (karbohidrat dan lemak), vitamin, mineral serta air.Untuk meningkatkan ketersediaan/kualitas nutrisi pakan biasanya ditambahkan feed additive. Salah satu feed additive pakan yang dapat digunakan untuk mencapai produktivitas ayam broiler yang optimal dan efisien adalah probiotik.

Probiotik merupakan jasad renik nonpatogen yang apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat memberi manfaat bagi kesehatan dan fisiologis tubuh ternak.

Probiotik akan mempengaruhi fungsi fisiologi usus secara langsung maupun secara tidak langsung dengan cara memodulasi mikroflora usus dan sistem imun mukosa terutama mukosa saluran cerna. Penambahan probiotik dalam ransum akan meningkatkan konsumsi ransum, efisiensi penggunaan pakan, pertambahan bobot badan dan mengawetkan bahan pakan.

Banyak produk probiotik yang beredar dipasaran baik dalam bentuk tepung maupun cair, salah satunya yaitu probiotik Heryaki powder. Heryaki powder merupakan probiotik yangdibuat dari campuran dedak, tetes dan probiotik Heryaki cair.

Bakteri yang terkandung di dalam Heryaki Powder yaitu Oceanobacillus sp, Candida Ethanolica, Bacillus Subtilis dan Monascus Fumeus yang telah di uji laboratorium oleh PT. Genetica Science Indonesia (Genetica Lab Division, 2017) serta memiliki enzim protease, amilase dan selulase.

Probiotik Heryaki powder dicampurkan dalam ransum dengan tujuan untuk meningkatkan daya simpan, efisiensi penggunaan pakan, memperbaiki nilai nutrien, dan meningkatkan daya cerna.

Berdasarkan uraian kerangka pemikiran maka dapat ditarik hipotesis sebagai berikut:
"Penambahan tingkat penggunaan probiotik Heryaki sebesar 0,5% dapat menghasilkan Edible dan Inediblepaling baik pada ayam broiler"

Hasil penelitian lengkap dapat dibaca di https://docplayer.info/109021717-Pendahuluan-terhadap-makanan-yang-mengandung-protein-hewani-berdampak-langsung.html

 

Membangun Kandang Sapi Sederhana Untuk Peternak Pemula

Jika Anda ingin memulai bisnis peternakan sapi, hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang yang sesuai dengan jenis ternak dan anggarannya. Kandang untuk jenis sapi potong berbeda dengan kandang untuk sapi perah. Sedangkan anggaran biaya untuk pembuatan kandang sangat tergantung pada jenis materialnya. Baca selengkapnya...

Penyakit Demam Tiga Hari Pada Sapi, Meski Ringan Namun Merugikan

Nyamuk ternyata tidak hanya mengisap darah manusia, tetapi juga hewan ternak seperti sapi. Tak sekedar mengisap darah, nyamuk tersebut juga menularkan Penyakit Demam Tiga Hari pada sapi, atau dalam Bahasa ilmiahnya disebut sebagai Bovine Ephemeral Fever (BEF), dan dalam Bahasa Inggris sebagai Three Days Sickness. Banyak juga peternak yang menggunakan istilah gomen untuk menyebut penyakit ini. Meski tidak terlalu berat, penyakit ini dapat membuat kerugian cukup besar pada peternak sapi, karena… Baca selengkapnya...

Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

Untuk membuka usaha peternakan sapi perah, sebaiknya menggunakan Sapi Friesian Holstein. Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini. Baca selengkapnya...

Gejala Dan Penanganan Broyong (Prolapsus Uteri) Pada Sapi

Gangguan reproduksi yang umum terjadi pada sapi diantaranya prolapsus uteri (Broyong) yang sering terjadi pada umur kebuntingan tua. Apabila gangguan reproduksi ini tidak dapat tertangani maka dapat menyebabkan kerugian ekonomi pada usaha peternakan. Baca selengkapnya...

Rahasia Merawat Sapi Perah agar Menghasilkan Susu Murni Kualitas Terbaik

Sapi, walaupun jenisnya sama, ternyata bisa menghasilkan susu murni dengan kualitas yang berbeda beda. Ada yang menghasilkan susu kualitas nomor satu, sementara yang lain menghasillkan susu sapi dengan kualitas standar saja. Kualitas susu sapi tak melulu bergantung pada jenis sapi perahnya saja melainkan juga bagaimana cara merawatnya. Baca selengkapnya...
  • Bali Cattle National Asset that Needs to be Preserved

    The government needs to increase the population and productivity of Bali cattle, a national asset other countries do not have, an expert has said. The Bogor Agricultural Institute’s (IPB) animal husbandry professor Ronny Rachman Noor said on Thursday that Bali cattle had often been undervalued by the government because they were local livestock.