RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Cara Menghindari Peternakan Sapi Diserang Penyakit

Peternakan sapi jika tidak dijaga dengan baik pastinya juga akan menimbulkan banyak penyakit. Oleh sebab itulah pemilik ternak haruslah bisa merawat sapi-sapi dengan baik.

5 Cara Menghindarkan Penyakit pada Peternakan Sapi

Ketika memelihara sapi pastinya membutuhkan waktu, tenaga ekstra serta biaya yang tidak sedikit. Namun hal ini tentunya wajar jika ingin menciptakan sapi berkualitas. Demi bisa menciptakan sapi yang berkualitas, pemilik ternak memang harus memperhatikan kesehatan dan menghindarkan dari stress. Jika sapi stress dan tidak sehat, maka berdampak pada kuantitas dan kualitas daging sapi serta susu.

Untuk menghindarkan sapi dari berbagai serangan penyakit. Maka beberapa hal berikut ini harus diperhatikan dengan baik.

Memperhatikan Kualitas Pakan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika beternak sapi adalah pakan. Pakan haruslah segar, bergizi serta bebas zat kimia berbahaya. Oleh sebab itulah, memilih pakan sapai haruslah diperhatikan dengan saksama. Jika pakan yang diberikan tidak sesuai kebutuhan sapi, maka bisa terjadi defisiensi zat makanan dan berimbas mudah diserang penyakit. Apabila ingin mencampurkan pakan pun harus menyeimbangkan gizi yang terkandung di masing-masing pakan.

Memberikan Vaksin

Dengan memberikan vaksin akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sapi pada berbagai jenis penyakit dari virus, bakteri sampai protozoa. Vaksinasi pada sapi juga mampu menghindarkan dari penyakit menular atau tidak menular. Oleh karena itulah, pemilik peternakan sapi harus bisa memberikan vaksin secara teratur.

Memandikan Sapi

Dalam satu hari, sapi mampu membuang kotoran sampai 15 kali dan membuat tubuh mudah kotor. Oleh karena itulah sapi perlu dimandikan demi menjaga kebersihan supaya bebas dari kuman dan kotoran penyebab penyakit. Selain itu memandikan sapi juga berguna menjaga metabolisme tubuh sapi dan menjaga kesterilan susu untuk sapi perah. Apabila persediaan air cukup banyak, maka bisa memandikan sapi dua kali sehari. Pada waktu pagi hari dan sore hari. Akan tetapi jika persediaan air hanya sedikit, maka cukup satu kali sehari saja.

Menjaga Kebersihan Kandang

Selain itu peternak sapi juga harus membersihkan kandang. Perlu diketahui bahwa sapi sering membuang kotoran di dalam kandang ditempat yang berbeda-beda. Bahkan ketika sapi tidur pun bisa diatas kotoran sapi itu sendiri. Oleh sebab itulah, para peternak harus rutin dalam membersihkan kandang setiap hari. Saat kandang kotor, hal ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan sapi. Dari segi ukuran kandang pun juga harus diperhatikan dengan baik juga. Jangan membuat kandang yang terlalu sempit karena hanya akan membuat sapi stress. Lantai kandang sapi juga perlu disemprot dengan desinfektan, wadah pakan dan minum juga dibersihkan. Juga harus melakukan penyemprotan anti serangga apabila dibutuhkan.

Pengobatan Eksternal

Kulit menjadi bagian luar dari sapi. Dimana kulit ini juga bisa terjangkit parasit, jamur, kudis, atau luka. Jika hal tersebut ditemukan pada kulit sapi, maka harus segera diobati supaya gangguan tersebut tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Oleh sebab itulah, pembersihan pada sapi tidak hanya seputar pada kandang atau pemberian vaksin. Namun juga harus mengecek dengan baik apa yang terjadi pada kulit sapi tersebut.

Nah itulah beberapa cara perawatan pada peternakan sapi untuk mengurangi risiko penyakit. Bagi Anda yang ingin beternak sapi, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal diatas. Dengan begitu nantinya sapi bisa terhindar dari penyakit, sehingga daging atau susu bisa memiliki kualitas yang baik.

Mengenal Jenis Sapi Penghasil Daging Wagyu

Wagyu dalam bahasa Jepang memiliki arti Sapi Jepang. Artinya, sapi jenis ini hanya dapat ditemukan di Negeri Sakura saja. Uniknya, tidak semua sapi potong khas Jepang merujuk pada jenis sapi penghasil daging wagyu. Baca selengkapnya...

Pantai Wisata India Ini Menjadi Surganya Para Sapi

Berjemur lazimnya dilakukan oleh manusia. Umumnya kegiatan ini dilakukan di pantai saat musim panas tiba, terlebih di negara-negara 4 musim. Namun, sudahkah Anda pernah mendengar jika yang berjemur adalah kawanan sapi? Hal ini sungguh-sungguh terjadi di Pantai Calangute atau lebih dikenal dengan Pantai Sapi, di India. Sesuai namanya, pantai wisata India yang berada di Propinsi Goa tersebut adalah surganya para sapi berjemur. Baca selengkapnya...

Koyor Sapi, Penambah Kenikmatan Gudeg Ala Semarang

Warga Semarang punya makanan enak, yang biasa dimakan bareng gudeg khas jogya, yaitu koyor sapi. Koyor adalah bagian dari urat sapi, yang tidak memiliki bagian tebal dan tulang seperti kikil. Koyor diambil dari lutut sapi, sementara kikil berasal dari tulang rawan di kaki sapi. Kemudian dimasak dengan aneka rempah dan santan, hingga tercipta rasa gurih agak pedas khas kuliner Semarang. Ketika disantap dengan gudeg yang dominan manis, pastinya akan lebih menggugah selera. Baca selengkapnya...

Jika Hidung Sapi Mengeluarkan Lendir Berwarna Hijau Berlebihan, Kena Penyakit Apa Ya?

Ingus adalah sejenis lendir lengket yang ada di dalam rongga hidung. Meski dianggap sebagai kotoran, tetapi perannya sangat penting yaitu sebagai alat untuk mengenali berbagai jenis bau-bauan dengan sangat baik. Selain itu, Kondisi kesehatan sapi bisa terungkap lewat lendir yang keluar dari dalam rongga hidung tersebut. Baca selengkapnya...

Sempat Dilarang Dikonsumsi, Begini Sejarah Daging Wagyu di Jepang

Daging wagyu bagi orang Jepang sama berharganya seperti champagne bagi orang Prancis. Namun, tidak seperti minuman sejenis wine yang berusia lebih dari 15 abad itu, sejarah daging wagyu di Jepang baru dimulai sekitar 150 tahun lalu. Pecinta kuliner Jepang barangkali tidak menyangka jika wagyu sempat dilarang dikonsumsi di negeri asalnya. Baca selengkapnya...